Apa itu Pemasaran?

Pengertian-Pemasaran
Banyaknya startup dan usaha yang bergerak di bidang barang dan jasa mengharuskan mereka untuk bisa menjual produk yang mereka hasilkan kepada konsumen dengan persaingan yang ketat. Bagi mereka, tidak cukup hanya menghasilkan produk berkualitas saja, namun produk mereka harus bisa menarik perhatian calon konsumen untuk membelinya. Mereka juga perlu memikirkan bagaimana cara produk mereka sampai ke tangan konsumen dengan baik. Proses inilah disebut dengan pemasaran. Bisa dibilang, proses ini sama pentingnya dengan proses produksi.

Namun, apakah proses pemasaran hanya sesederhana itu? Apa pentingnya pemasaran?

Sumber gambar

√ Pengertian Pemasaran Secara Umum [Penjelasan Lengkap]

A. Definisi Pemasaran

Kegiatan pemasaran dan perdagangan merupakan kegiatan yang mendapatkan perhatian yang cukup besar dalam sejarah umat manusia. Dari aspek ekonomi, ilmu pemasaran di berbagai bidang merupakan ilmu ekonomi terapan (applied economics) yang menjelaskan, mempelajari, dan menganalisis pemasaran dengan berbagai teori ekonomi untuk menghasilkan kesimpulan yang bermanfaat baik bagi individu maupun masyarakat. Bressler dan King (1970) menjelaskan, bahwa pemasaran berkaitan dengan kreasi kegunaan dari tempat, waktu, dan kepemilikan. Secara praktis, ini juga memasukkan aspek kegunaan bentuk seperti packaging dan processing. Oleh sebab itu, pengertian kegiatan pemasaran darii sisi ekonomi adalah suatu runtutan kegiatan atau jasa yang dilakukan untuk memindahkan suatu produk dari titik awal produsen sampai ke titik konsumen dengan menciptakan kreasi bentuk (form), waktu (time), tempat (place), atau kepemilikian (posession).

Definisi menurut Basu Swastha (2002), konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan. Konsep pemasaran didasarkan pada pandangan dari luar ke dalam. Konsep ini diawali dengan mendefinisikan pasar yang jelas berfokus pada kebutuuhan pelanggan, memadukan semua sistem kegiatan yang akan memengaruhi pelanggan dan menghasilkan laba melalui pemuasan pelanggan.

B. Aspek Pemasaran

Kegiatan pemasaran meliputi tiga hal, antara lain:

1. Concentration

Concentration merupakan pengumpulan komoditi dari berbagai produsen.

2. Dipersion

Dipersion adalah membawa produk dari pedagang di pasar dan mendistribusikan ke pengecer dan konsumen akhir.

3. Equalization

Equalization merupakan proses menyesuaikan aliran komoditi sebagai respons terhadap perubahan penawaran dan permintaan. Contohnya adalah pada saat harga suatu komoditi sedang naik atau mahal-mahalnya maka penawaran tentu akan lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

C. Sistem Pemasaran

Pemasaran adalah suatu sistem yang kompleks dalam berbagai subsistem yang saling berinteraksi satu sama lain dan berinteraksi dengan berbagai lingkungan pemasaran. Sebagai suatu sistem, pemasaran mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Sistem pemasaran mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Ada kriteria normatif yang disusun oleh masyarakat.
  2. Tindakan untuk mencapai tujuan tersebut memiliki komponen atau partisipan yang melaksanakan berbagai fungsi, seperti transportasi, penyimpanan, pemrosesan, pengurutan berdasarkan angka (grading), standarisasi, informasi pasar, dan seluruh pekerjaan yang diperlukan mulai dari keputusan untuk memproduksi sampai pada konsumen akhir.
  3. Sistem pemasaran membutuhkan pengaturan yang diperukan dari keberadaan fungsi-fungsi tersebut.
  4. Sistem pemasaran membutuhkan perencanaan dan struktur pengambilan keputusan yang mengontrol dan mengoordinasi kekuatan-kekuatan tersebut untuk bekerja.
  5. Sistem pemasaran mempunyai dimensi ruang dan waktu.

D. Kegunaan Pemasaran

Pemasaran merupakan kegiatan yang relatif besar. Kegiatan ini seringkali juga dikatakan sebagai kegiatan yang produktif, karena menciptakan barang dan jasa yang memiliki kegunaan (utility). Kegunaan disini bukan hanya mengenai kualitas dari suatu barang, tetapi lebih kepada kekuatan untuk bisa memuaskan keinginan dari suatu objek atau jasa. Terdapat empat jenis kegunaan dalam pemasaran, yaitu:

1. Kegunaan bentuk (form utility)

Kegunaan ini muncul apabila suatu barang memiliki persyaratan yang dibutuhkan. Misalnya, rumah jagal melakukan pemotongan hewan menjadi daging olahan yang siap dimasak, sehingga menambah kegunaan bentuk dari bahan mentah menjadi sesuatu yang baru.

2. Kegunaan tempat (place utility)

Ini merupakan kegunaan yang timbul ketika hasil produksi disediakan di suatu tempat dimana masyarakat menginginkan barang tersebut.

3. Kegunaan waktu (time utility)

Jenis kegunaan ini dilakukan dalam pemasaran, ketika produk tersedia pada saat yang diinginkan. Terkadang, produk pertanian yang musiman dan perlu disimpan untuk dijual pada saat waktu yang dibutuhkan

4. Kegunaan milik (posession utility)

Ini dilakukan ketika barang ditransfer atau ditempatkan atas kontrol dari seseorang yang menginginkan.

E. Peranan Pemasaran dalam Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi membutuhkan peranan pemasaran. Kegiatan pemasaran dapat mendorong semakin berkembangnya perekonomian. Pengetahuan tentang ilmu pemasaran dan masalahnya dapat menolong produsen untuk membuat keputusan penting yang dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu:

  1. What to produce and how to prepare it for sale? Berapa yang harus diproduksi dan bagaimana menyediakannya untuk dijual?
  2. When and where to sell? Kapan dan dimana menjual hasil produk?
  3. How many marketing jobs should be done by the farmers either as an individual or as a member of a group? Berapa banyak kegiatan pemasaran yang harus dilakukan oleh produsen sebagai individu atau kelompok?
  4. What can be done to expand markets? Cara apa yang bisa dilakukan untuk memperluas pasar?
  5. Which of many different marketing arrangements are desirable? Pengaturan pemasaran manakah yang sesuai dengan yang diinginkan
  6. How can changes necessary to correct undesirable practices be secured? Mengapa perubahan-perubahan diperlukan untuk memperbaiki praktik-praktik yang tidak diinginkan?
Sumber

Anindita, Ratya dan Nur Baladina. 2017. Pemasaran Produk Pertanian. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Basu, S. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.

Bressler, Raymond G. dan Richard A. King. 1978. Markets, Price, and Interregional Trade. USA: John Wiley & Sons, Inc.

MENURUT OPINI SAYA TERKAIT " APA ITU PEMASARAN ? "

Apa Itu Pemasaran?

Pemasaran adalah kegiatan menyeluruh dan terencana yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau institusi dalam melakukan berbagai upaya agar mampu memenuhi permintaan pasar. Tujuan utamanya yaitu untuk memaksimalkan keuntungan dengan membuat strategi penjualan.

Tujuan Umum Pemasaran

  1. Memperkenalkan produk ke masyarakat
  2. Mencapai target penjualan
  3. Memastikan kepuasan konsumen
  4. Menciptakan strategi lanjutan untuk produk
  5. Bekerja sama dengan mitra
  6. Membuat rekapitulasi penjualan

Fungsi Pemasaran

1. Fungsi Pertukaran

Lewat dilakukannya pemasaran, konsumen dapat mengetahui dan membeli suatu produk yang dipasarkan oleh produsen dengan uang ataupun barang lain yang senilai. Produk yang sudah dibeli bisa digunakan untuk keperluan pribadi atau dijual lagi demi mendapat keuntungan.

2. Fungsi Distribusi Fisik

Fungsi distribusi fisik terjadi ketika kegiatan dilakukan dengan menyimpan produk dan mendistribusikannya. Proses pengangkutannya bisa lewat jalur laut, darat, udara. Penyimpanan produk dilakukan dengan menjaga agar stok tetap ada jika dibutuhkan.

3. Fungsi Perantara

Penyampaian produk dari produsen ke konsumen dilakukan melalui perantara marketing/pemasaran yang menghubungkan kegiatan pertukaran dengan distribusi fisik. Dalam proses ini terjadi kegiatan pembiayaan, pencarian informasi, dan klasifikasi produk.

  • STRATEGI PEMASARAN.

Strategi pemasaran adalah rangkaian perencanaan untuk menjangkau target pasar dan mengubah mereka menjadi konsumen produk yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan.

Berikut langkah yang bisa dilakukan untuk menerapkan strategi pemasaran yang baik:

  1. Melakukan Segmentasi Pasar
    Segmentasi pasar adalah upaya untuk membagi pasar menjadi beberapa kelompok yang lebih kecil. Pembagian kelompok ini dilakukan berdasarkan lokasi geografis, demografis, perilaku, dan psikografis…

  2. Menentukan Target Pasar (Market Targeting)
    Target pasar adalah segmen tertentu yang dituju untuk melakukan penjualan suatu produk. Target pasar yang berbeda membutuhkan konten promosi dan cara komunikasi yang berbeda pula.

  3. Market Positioning
    Market positioning merupakan strategi pemasaran untuk menunjukkan produk Anda beda dari yang lain. Salah satu caranya adalah membangun kesadaran merek atau brand awareness. Kesadaran akan merek dapat memberikan beberapa manfaat seperti kemudahan mendapatkan konsumen baru hingga menciptakan kelompok pelanggan yang loyal.

REFERENSI

Alma, B. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Edisi 2. Bandung: ALFABETA.

Angipora, Hendra. 2002, “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis MPV Merek Toyota Kijang Inovva di Semarang”, Journal of Management, Vol. 2, No. 3.

Pemasaran adalah kegiatan menyeluruh dan terencana yang dilakukan oleh suatu atau institusi dalam melakukan berbagai upaya agar mampu memenuhi permintaan pasar. Tujuan utamanya yaitu untuk memaksimalkan keuntungan dengan membuat strategi penjualan.

Tujuan Umum Pemasaran

  1. Memperkenalkan produk ke masyarakat
  2. Mencapai target penjualan
  3. Memastikan kepuasan konsumen
  4. Menciptakan strategi lanjutan untuk produk
  5. Bekerja sama dengan mitra
  6. Membuat rekapitulasi penjualan