Apa itu lesi, diagnosis, prognosis dan etiologi?

Lesi adalah "bentuk perubahan apa sedang "bagaimana patogenesisnya yaitu tahap demi tahap bentuk perubahan tersebut

Lesi adalah "bentuk perubahan apa sedang "bagaimana patogenesisnya yaitu tahap demi tahap bentuk perubahan tersebut, mulai dari kondisi normal sampai terjadi berubahan/gangguan fungsi dari sel maupun tersebut tampak. harus mampu mengenali lesi, dan menjelaskan bagaimana terjadinya bentuk lesi.

Diagnosis adalah kemampuan mengidentifikasi/mengenali perubahan bentuk morfologi/fungsi dari sel/jaringan organ yang tidak normal. Diagnosis dapat dilakukan pada tingkat molekuler, seluler, organ atau pada jaringanya. Diagnosis morfologis, menentukan atau mendekripsikan beberapa bentuk lesi dalam jaringan, atau sel yang harus dilakukan seorang dokter/dokter hewan, khususnya ahli patologi.

Prognosis merupakan perkiraan terhadap apa yang diketahui atau terhadap perjalanan suatu penyakit, sebagai kemungkinan yang akan dihadapi oleh penderita.

Etiologi suatu penyakit adalah penyebabnya sendiri, inisiator serangkaian peristiwa yang menyebabkan sakitnya penderita. Penyakit disebabkan oleh berbagai interaksi antara host (misal: genetik dengan faktor lingkungan.
Secara umum agen penyebab sakit adalah
-Kelainan genetic
-Agen infeksi misal: bakteri, virus, parasit dan jamur
-Bahan kimia
-Radiasi
-Trauma mekanik