Apa itu Komposit?

image
Gambar 1 Material Komposit
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Material_komposit

Material merupakan hal yang penting untuk digunakan diberbagai bidang kehidupan antara lain bidang transportasi, perumahan, pakaian, komunikasi, hiburan dan makanan. Didunia ini terdapat 4 jenis material yaitu Keramik, Metal (logam), Polimer dan Komposit. Komposit merupakan gabungan dari dua material yang berbeda, entah itu gabungan dari Keramik dan Metal, Keramik dan Polimer, Komposit dan Polimer atau bahkan bisa berasal dari gabungan ketiganya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa material Komposit merupakan kombinasi dari material Keramik, material Metal dan material Polimer yang menyebabkan material Komposit memiliki kombinasi karakteristik/sifat unggul (superior) dari setiap komponen material penyusunnya.

Karakteristik/sifat teknik dari material Komposit adalah sebagai berikut:

  • Densitas yang rendah (ringan)
  • Kekuatan yang tinggi
  • Kekakuan yang tinggi
  • Kekuatan abrasi yang tinggi
  • Kekuatan impak yang tinggi
  • Ketahanan degradasi yang tinggi (tahan karat)

Maka dari itu material komposit merupakan langkah besar untuk optimasi material karena operasional alat mesin biasanya dibatasi oleh sifat material dimana tidak boleh melebihi sifat material untuk mencegah terjadinya kegagalan. Contohnya pada suatu turbin dan pesawat terbang. Operasional mesin turbin dan peawat terbang dibatasi oleh sifat material. Operasional mesin turbin dan pesawat terbang tidak boleh melebihi sifat material untuk mencegah kegagalan pada turbin dan pesawat terbang.

Beberapa contoh dari material Komposit antara lain kayu, tulang, konkrit, glass fiber reinforced polymer (GFRP), dan carbon fiber reinforced polymer (CFRP).

Referensi:
Buku oleh (Book by) William D Callister, Materials Science and Engineering An Introduction, seventh edition, John Wiley and Sons, United States of America, 2007