Apa itu Kneaded Eraser?

Untuk yang hobi menggambar dan menekuni hobi ini dengan baik, tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai istilah ataupun peralatan yang dipakai untuk menggambar. Nah, di antara sekian banyak peralatan yang ada, peralatan yang terbilang sangat sering kita butuhkan ataupun kita jumpai di toko-toko peralatan tulis ataupun toko peralatan menggambar adalah penghapus.

Berbagai jenis penghapus dengan berbagai macam merek yang ada dapat dengan mudah kita temukan di sana. Namun, ada yang dinamakan dengan Kneaded Eraser yang mungkin tidak semua orang tahu mengenai penghapus ini, apa itu Kneaded eraser?

Kneaded Eraser

image

Kneaded Eraser adalah sebuah penghapus yang terbilang cukup banyak digunakan oleh para seniman yang mamakai media pensil ataupun arang/charcoal (walaupun tidak semua seniman memilih untuk tidak menggunakan penghapus / memang mereka jarang menggunakan penghapus).

Bentuk awal dari penghapus ini ketika kita membelinya terbilang cukup biasa saja, namun ketika kita gunakan, kita bisa membentuk dan mengepal-ngepal penghapus ini seperti tanah liat. Karena penghapus ini bisa kita bentuk sesuka hati, kita jadi bisa menghapus berbagai macam area yang kita mau, apakah area yang cukup besar ataupun area yang kecil.

Kneaded Eraser ini juga bisa menghapus dengan bersih dan tanpa ampas walaupun kita menggunakan pensil yang sangat hitam sekalipun (tingkat 8b misalnya) atau jika kita menggunakan pensil arang / Charcoal yang sangat hitam dan pekat ketika kita menggunakannya untuk menggambar.

Cara untuk menggunakan penghapus ini juga sama seperti penghapus-penghapus pada umumnya, hanya saja kita bisa menyesuaikan bentuk penghapusnya, sehingga area-area kecil yang biasanya sedikit sulit untuk menghapus dengan penghapus biasa, bisa kita akali dengan menggunakan penghapus ini.