Apa itu hiking di alam bebas?

mendaki di alam bebas

Kita semua pasti tidak asing dengan yang namanya hiking di alam bebas. Untuk lebih jelas, apa sih yang dimaksud dengan hal tersebut ?

Hiking yaitu aktifitas yang tujuannya melakukan perjalanan petualangan (tracking) ke alam bebas dapat berupa puncak gunung, bukit atau pedesaan dengan menempuh medan atau lintasan hutan, sungai, rawa, jalan setapak yang tentunya membutuhkan fisik yang stamina dan pengetahuan untuk mendukung kegiatan tersebut. Selain bermanfaat untuk melatih organ-organ tubuh yang penting pada sistem fungsi tubuh manusia, hiking juga bermanfaat melatih seseorang lebih percaya diri, bekerja keras, lebih mandiri dalam menyelesaikan masalah, lebih mudah survive, lebih memahami dan mencintai lingkungan sekitar, juga bisa memberikan wawasan serta pengetahuan tentang manfaat serta fungsi lingkungan dan alam sekitarnya bagi kehidupan.

Hiking sangat dimungkinkan bagi peserta anak-anak dan memiliki manfaat yang banyak selain manfaat-manfaat di atas. Namun perlu diingat, kegiatan hiking ini tidak mudah dilakukan bagi anak baik secara fisik maupun mental, tapi justru dengan mengandalkan emosi dan individu bermainnya maka para orang tua atau pendidik dapat memotivasi serta memberikan apresiasi atas upaya anak-anak untuk mencapai keberhasilannya dalam melakukan kegiatan petualangannya, sehingga petualangan tersebut menjadikan kebanggaannya sekaligus hiburan pengetahuan yang menyenangkan dan tidak terlupakan di benaknya.