Apa itu Codeigniter?

Pernahkah anda mempelajari bahasa pemrograman? pada jaman teknologi yang semakin canggih dan maju seperti saat sekarang ini, sangat penting untuk mengetahaui apa itu pemrograman dalam jaman digital seperti ini. jaman sekarang, adalah jaman dimana teknologi digital berperan penting dalam kehidupan. Hampir semua kebutuhan dan kegiatan manusia dikemas dalam suatu program, baik itu aplikasi maupun website. program itu tentunya dibuat dengan berbagai bahasa pemrograman. ada banyak sekali bahasa pemrograman, antara lain java, javascript, php, c++, c#, phyton, ruby dan masih banyak yang lainnya. Jadi, tertarikkah anda belajar mengenai bahasa pemrograman?

Pengertian Framework
Framework adalah suatu kerangka kerja program yang digunakan untuk membantu developer untuk mengembangkan kode secara konsisten. Dengan adanya framework developer bisa mengurangi jumlah bug pada website atau aplikasi yang dibuat. Karena, fungsi dan variabel yang sudah tersedia di dalam komponen framework.

Macam-macam Framework
terdapat banyak sekali macam framework yang diciptakan guna membantu developer mengembangkan program mereka, seperti contohnya :

  1. Codeigniter
  2. Laravel
  3. yii
  4. zend
  5. cakephp
  6. joomla
    namun yang akan kita bahas adalah framework codeigniter.

Definisi Codeigniter
CodeIgniter adalah sebuah web application network yang bersifat open source yang digunakan untuk membangun aplikasi php dinamis.

CodeIgniter menjadi sebuah framework PHP dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP yang dapat mempercepat pengembang untuk membuat sebuah aplikasi web. Selain ringan dan cepat, CodeIgniter juga memiliki dokumentasi yang super lengkap disertai dengan contoh implementasi kodenya. Dokumentasi yang lengkap inilah yang menjadi salah satu alasan kuat mengapa banyak orang memilih CodeIgniter sebagai framework pilihannya. Karena kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh CodeIgniter, pembuat PHP Rasmus Lerdorf memuji CodeIgniter di frOSCon (Agustus 2008) dengan mengatakan bahwa dia menyukai CodeIgniter karena “it is faster, lighter and the least like a framework.”.

Kelebihan Codeigniter

  1. Menghemat waktu dalam pengembangan program
    dengan menggunakan framework codeigniter, pengembangan program menggunakan php akan lebih cepat daripada mengembangkan program hanya dengan native php atau oho murni saja.

  2. Membuat program lebih kokoh.
    menggunakan framework codeigniter, membuat pengembangan program anda lebih kuat karena dengan framework ini, membantu meminimalisir eror/bug pada program yang akan anda kembangkan.

  3. Terpantau secara otomatis dalam pengembangan program
    dengan menggunakan codeigniter, konfigurasi file akan lebih mudah dan terorganisir dalam pengembangan program.

  4. Membuat kode anda lebih berani untuk bereksplorasi
    CI juga memudahkan Anda melakukan hal-hal yang mungkin belum pernah Anda coba sebelumnya. Tentu saja, Pengguna PHP selalu dapat mengintegrasikan perpustakaan dari Ekstensi dan Aplikasi PHP Repositori (PEAR) dan sumber lainnya. Mereka tidak selalu mudah untuk diintegrasikan, atau digunakan, dan sintaks serta standarnya sangat berbeda. CI memiliki seperangkat standar yang sama, dan setelah Anda menguasai sintaksnya, semua bagiannya bekerja bersama tanpa komplikasi. Semua kodenya ditulis dengan baik dan dapat diandalkan, dan diuji oleh komunitas penggunanya. Ini menempatkan jauh lebih canggih di tangan Anda.

Fitur pada Codeigniter

  1. Sistem berbasis Model-View-Controller (MVC)
  2. Sangat Ringan dan Butuh Sedikit Sumber Daya (Memory + CPU)
  3. Mensupport berbagai macam database dan kaya fitur
  4. Mendukung Query Builder untuk mengakses database
  5. Validasi Form dan Data mudah
  6. Mengamankan website dari XSS (Cross Site Scripting)
  7. Manajemen Session

D. Upton, CodeIgniter 1.7 . .