Apa itu Balamuthia mandrillaris ?

Apa sebenarnya balamuthia mandrillaris ? penyakit seperti apa yang dapat dihasilkan oleh balamuthia ini ?

Amuba masuk melalui hidung menuju otak. Sedikit demi sedikit namun cepat, amuba tersebut menggerogoti sistem saraf pusat di otak. Ada tiga cara amuba merusak sistem saraf. Yakni, trogositosis (ingesti sitoplasma sel inang melalui stoma), contact dependent lysis (perubahan permeabilitas membran dengan enzim penghancur), serta efek sitopatik. Tak salah jika Naegleria Fowleri disebut amuba pemakan otak.

Selain PAM, penyakit berbahaya yang menyerang manusia bernama GAE (granulomatous amoebic encephalitis). Infeksi otak tersebut bersumber dari dua jenis amuba. Yaitu, Acanthamoeba dan Balamuthia Mandrillaris. Meski tidak separah Naegleria Fowleri, dua jenis amuba itu juga bisa menyerang otak. ’’Perbedaannya, amuba pada GAE sering memilih untuk menyerang bagian tubuh lain, selain menjalar ke otak. Misalnya, paru-paru dan jantung,’’ ujar dokter berjilbab tersebut.

Prof Sri menambahkan, manusia dengan sistem imun yang kurang kuat lebih rentan terserang GAE. Contohnya, pengidap HIV/AIDS, diabetes, pengonsumsi alkohol, dan ibu hamil. Selain masuk langsung melalui saluran pernapasan, amuba jenis itu bisa menginfeksi melalui kulit.