Apa itu Alas Purwo?

Ada anak backpacker yang suka wisata alam dan dia menyarankan untuk mendatangi Alas Purwo yang katanya berada di Banyuwangi. Apa itu Alas Purwo? Ada apa saja disana?

Alas Purwo merupakan objek wisata berupa taman nasional yang letaknya di ujung timur pulau Jawa. Luas wilayahnya sendiri mencapai 43.000 ha, yang terbagi kedalam 4 kawasan, yakni : kawasan inti (sanctuary zone), kawasan rimba (wilderness zone), kawasan pemanfaatan (intensive use zone), dan kawasan penyangga (buffer zone).

Jika kalian menelusuri setiap sudut dari Alas Purwo ini, kalian bakal mendapati kontur tanah yang cukup datar dan agak sedikit bergelombong. Juga disekeliling kalian, banyak terdapat berbagai macam jenis flora seperti jenis bambu, bakau, lilia, semak, tanaman pantai, serta tanaman hutan hujan tropis. Selain itu fauna disana juga gak kalah bervariasi. Tercatat lebih dari 50 species langka di dunia ada disini. Beberapa diantaranya adalah rusa (Cervus timorensis), babi hutan (Sus scrofa), macan tutul (Panthera pardus), dan luwak (Paradoxurus hermaprhoditus).

Gak hanya hutan aja yang menarik disini. Di Alas Purwo ada juga objek Pantai yang juga gak kalah asri nan eksotis. Pantai tersebut bernama Pantai Muncar. Di pantai ini juga ada penangkaran penyu. Kemudian tepat di belakang pantai tersebut ada bukit yang juga memanjakan mata, namanya ‘Tanjung Sembulungan’.

Sumber: