Apa isi dari masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia (MP3EI)?

Pada akhir bulan Mei 2011 lalu, pemerintah meluncurkan Rencana Induk Pembangunan Berbasis Wilayah atau lebih dikenal dengan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025.

Apa isi dari masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia (MP3EI)?

Menangkap besarnya harapan elemen masyarakat agar pemerintah membuat suatu terobosan dalam rangka mempercepat pembangunan dan pemeratannya di daerah-daerah dijawab. Pada akhir bulan Mei 2011 lalu, pemerintah meluncurkan Rencana Induk Pembangunan Berbasis Wilayah atau lebih dikenal dengan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025. Apa yang bisa kita cermati dari langkah tersebut?

Dalam MP3EI 2011-2025, ada tiga strategi besar yang ingin dicapai. Pertama, mengembangkan enam koridor ekonomi Indonesia yang meliputi Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa Tenggara, dan Papua Maluku. Kedua, menguatkan hubungan nasional yang terintegrasi secara lokal dan terhubung secara internasional. Dan ketiga, mempercepat kualitas SDM dan IPTEK untuk membawa peningkatan nilai tambah bagi setiap koridor ekonomi yang akan berdampak terhadap akselerasi dan penetrasi produk kita di dunia internasional.

Salah satu yang dicanangkan dalam MP3EI ini ialah meresmikan 17 proyek infrastruktur bernilai Rp 190 triliun. Proyek ini disinyalir dapat memberikan dampak multiplier berupa penciptaan lapangan kerja sekitar 8 juta orang sebagai efek dari prioritas pembangunan di enam koridor ekonomi Indonesia di mana masing-masing pulau saat ini diarahkan kepada spesialisasi dan potensinya masing-masing. Penciptaan lapangan kerja ini didorong oleh sektor industri (bisa menampung 4,7 juta orang) dan infrastruktur (4,9 juta orang).

Referensi

Rian Hilmawan dan Syaiful Anwar .2012. Perekonomian Indonesia: Beberapa Telaah Kontemporer. LPFE Universitas Borneo Tarakan .