Apa hukuman bagi orang yang sengaja meninggalkan sholat ?

Sholat

Sholat merupakan rukun islam umat islam. oleh karena itu, sholat hukumnya wajib bagi tiap-tiap jiwa yang beriman kepada Allah danRasulnya sertahari pembalasan.

Dosa meningalkan sholat 5 waktu secara sengaja = lebih besar dari dosa besar lainnya. Bahkan beberapa ulama menganggap murtad karena mengingkari kewajibannya sebagai seorang muslim. Hal tersebut dipertegas dengan pendapat
Ibnu Qayyim Al Jauziyah rahimahullah yang mengatakan,

”Kaum muslimin bersepakat bahwa meninggalkan shalat lima waktu dengan sengaja adalah dosa besar yang paling besar dan dosanya lebih besar dari dosa membunuh, merampas harta orang lain, berzina, mencuri, dan minum minuman keras. Orang yang meninggalkannya akan mendapat hukuman dan kemurkaan Allah serta mendapatkan kehinaan di dunia dan akhirat.” (Ash Sholah)

Dinukil oleh Adz Dzahabi dalam Al Kaba’ir, Ibnu Hazm -rahimahullah- berkata,

“Tidak ada dosa setelah kejelekan yang paling besar daripada dosa meninggalkan shalat hingga keluar waktunya dan membunuh seorang mukmin tanpa alasan yang bisa dibenarkan.” (Al Kaba’ir)

Adz Dzahabi rahimahullah juga mengatakan,

“Orang yang mengakhirkan shalat hingga keluar waktunya termasuk pelaku dosa besar. Dan yang meninggalkan shalat secara keseluruhan-yaitu satu shalat saja- dianggap seperti orang yang berzina dan mencuri. Karena meninggalkan shalat atau luput darinya termasuk dosa besar. Oleh karena itu, orang yang meninggalkannya sampai berkali-kali termasuk pelaku dosa besar sampai dia bertaubat. Sesungguhnya orang yang meninggalkan shalat termasuk orang yang merugi, celaka dan termasuk orang mujrim (yang berbuat dosa).” (Al Kaba’ir)