Apa hubungannya antara Politik dan Universitas?

Di Indonesia, selain meningkatnya eksistensi politik kampus, apa dampak yang diberikan oleh politik kampus menurut anda?

Dampak yang diberikan oleh politik kampus antara lain dapat memberikan pelatihan untuk mempersiapkan politik dalam bernegara yang sesungguhnya. Politik kampus juga dapat berguna sebagai sarana mahasiswa dalam menyampaikan aspirasinya. Melalui politik kampus kita belajar bagaimana memimpin masyarakat, tidak semata dilingkungan kampus. Keberadaan politik kampus bermanfaat secara luas dalam kehidupan masyarakat, misalnya dengan turut mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah dan advokasi masyarakat dilakukan dengan – aksi-aksi sosial, aksi dialogis, demonstrasi, aksi menulis, serta agenda-agenda lainnya.

Selain itu, politik kampus menjadi saluran internalisasi nilai-nilai (kejujuran, tanggungjawab, kepedulian, dan amanah). Sebagai gerakan moral, Gerakan mahasiswa berperan serta dalam membangun keshalihan sosial. Terlebih jika kita melihat kondisiperpolitikan di tanah air akhir-akhir ini, semakin terombang ambing dalampusaran korupsi dan manipulasi. Politik kampus dapat menjadi antitesa bagi kondisi buruk tersebut.

Sebagai antitesa atau countertype atas kondisi perpolitikan saat ini, sebagai gerakan intelektual dan moral yang teraktualiasi dan terinternalisasi, secara otomatis gerakan mahasiswa menjawab sinisme-sinisme yang beredar dalam alam pikiran sebagian besar mahasiswa.Sinisme adalah pandangan meremehkan terhadap gerakan mahasiswa,pandangan ini terbentuk dari beragam konstruksi pemikiran dan latarbelakang. Upaya inilah pada akhirnya sedikit banyak melerai stigma sinis terhadapaktivis dan politik kampus.

(Sumber: https://www.kompasiana.com/ahmadrisani/memaknai-politik-kampus_552a144af17e615556d623aa)