Apa hubungan value, hue, dan chroma dalam membentuk warna?

Warna memiliki 3 dimensi, antara lain yaitu dimensi value, dimensi hue, dan dimensi chroma. Lalu apakah hubungan dari ketiga dimensi tersebut sehingga dapat menghasilkan 68 warna?

Warna Hue

Hue adalah warna yang memiliki identitas, gunanya untuk membedakan dengan warna lainya. agar setiap warna dapat dikenali dengan jelas untuk menunjukan nama dari suatu warna, seperti merah, ungu, biru, hijau, kuning dan warna lainya.

Warna Value

Kata umum dari Value adalah nilai dan Dalam istilah warna, Value adalah untuk menyatakan terang gelapnya warna atau tingkat kecerahan dari suatu warna. setiap warna mempunyai tingkat kecerahan yang berbeda, misalnya dari warna biru gelap (Low Value ) ke biru muda (High Value) dan di berinya nilai tengah (Middle Value) Maka di dapatnya Warna Biru Terang. Value yang berada dipertengahan disebut middle value dan yang berada di atas middle value disebut high value, sedang yang berada dibawahnya disebut low value.

Warna Chroma atau Intensity

Saturation menunjukan warna dari Intensitas warna Hue. Warna chroma adalah istilah untuk menyatakan cerah atau Buramnya warna, kualitas atau kekuatan warna. Warna-warna yang intensitasnya penuh nampak sangat mencolok dan menimbulkan efek tegas, sedang warna-warna yang intensitasnya rendah nampak lebih lembut.