Apa hubungan analisis rasio arus kas dengan kinerja perusahaan?

perusahaan

Kinerja perusahaan memiliki pengertian sebagai hasil dari sebuah kegiatan manajemen di sebuah perusahaan. Hasil dari kegiatan manajemen ini kemudian dijadikan sebuah parameter atau tolok ukur untuk menilai keberhasilan manajemen sebuah perushaan dalam hal pencapaian tujuan yang sudah ditetapkan dalam periode tertentu.

Apa hubungan analisis rasio arus kas dengan kinerja perusahaan ?

arus kas

Tingkat kesehatan merupakan alat ukur yang digunakan oleh para pemakai laporan keuangan dalam mengukur dan membandingkan kinerja suatu perusahaan. Performa suatu perusahaan dapat dilihat melalui laporan keuangan perusahaan tersebut. Dari laporan keuangan tersebut dapat diketahui keadaan finansial dan hasil-hasil yang telah dicapai perusahaan selama periode tertentu.

Tingkat kesehatan perusahaan dapat diketahui dengan melakukan evaluasi atau analisis terhadap laporan keuangan. Dari hasil analisis tersebut dapat diketahui prestasi dan kelemahan yang dimiliki perusahaan. Sehingga pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan dapat menggunakannya sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Menurut Simamora (2000) bahwa:

“Informasi yang muncul dalam laporan keuangan dipakai dalam berbagai cara oleh beraneka ragam individu dan entitas. Kalangan investor dan kreditor memakainya untuk mengevaluasi kinerja perusahaan dan memprediksi jumlah dan penentuan waktu arus kas dimasa yang akan datang (yakni dividen dan bunga) yang berkaitan dengan investasi mereka. Mereka juga memakai informasi keuangan untuk mempengaruhi dan memantau aktivitas-aktivitas manajemen. Untuk membantu dalam menafsirkan data bisnis, laporan keuangan biasanya disajikan dalam bentuk komparatif yaitu dengan berdampingan untuk dua tahun atau lebih”.

Hal lain yang dijelaskan Prastowo (2002) mengenai hubungan kinerja dengan penggunaan teknik-teknik analisis dalam laporan keuangan adalah sebagai berikut:

“Berbagai teknik analisis digunakan pada analisis laporan keuangan untuk menekankan pentingnya suatu data yang disajikan (secara relatif dan komparatif), dan untuk mengevaluasi posisi perusahaan. Analisis laporan keuangan merupakan suatu proses penuh pertimbangan (judgement process). Salah satu tujuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi perubahan-perubahan pokok (turning point) pada trend, jumlah dan hubungan; dan alasan-alasan perubahan-perubahan tersebut. Perubahan- perubahan tersebut seringkali merupakan tanda peringatan awal (early warning signal) terjadinya pergeseran menuju keberhasilan atau kegagalan suatu perusahaan. Proses penuh pertimbangan ini dapat ditingkatkan melalui pengalaman dan penggunaan alat-alat analitis.”

Menurut pendapat Fraser (2001) mengungkapkan:

Various tools and techniques are used by the financial statement analyst in order to convert financial staement data into formats that facilitate the evaluation of the firm’s financial condition and performance, both over time and in comparison with industry competitors. These include ratio financial statements, which express each account as a percentage from their dominant account.

Pernyataan di atas dapat diartikan bahwa dalam menganalisis laporan keuangan kita dapat menggunakan beberapa alat untuk mengubah bentuk laporan keuangan kedalam format yang lebih mudah untuk diinterpretasikan sehingga dapat menilai kondisi dan kinerja perusahaan dan kinerjanya, salah satu alat penting yang dipakai adalah ratio financial statement.

Kinerja keuangan perusahaan yang tergambar dalam laporan keuangan menjadi perhatian utama bagi para pemakai laporan keuangan tersebut. Oleh karena itu, manajemen perusahaan harus berusaha untuk meningkatkan kinerjanya dari periode ke periode.
Dari keseluruhan pernyataan maka dapat disimpulkan bahwa:

  • Kinerja perusahaan dapat dilihat dari laporan keuangan dan selanjutnya dari kinerja tersebut dapat ditentukan tingkat kesehatan perusahaan yaitu dengan cara melakukan analisis atau interpretasi terhadap laporan keuangan.

  • Kinerja perusahaan merupakan informasi yang dibutuhkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan untuk membantu mereka dalam proses pengambilan keputusan.

  • Dari hasil analisis terhadap kinerja perusahaan maka dapat membantu manajemen dalam mengambil keputusan untuk mengatasi kondisi keuangan di masa yang akan datang.
    Dengan melakukan analisis laporan keuangan, perusahaan atau pemakai laporan keuangan dapat membandingkan kinerja dengan perusahaan lain.

Laporan keuangan dapat digunakan sebagai alat ukur dalam mengukur kinerja dan mengetahui kondisi keuangan perusahaan dan hasil-hasil yang telah dicapai perusahaan selama periode tertentu. Kinerja suatu perusahaan dapat diukur dengan melakukan analisis laporan keuangan yang biasa dilakukan oleh para pengguna laporan keuangan. Dari hasil analisis tersebut dapat dilihat prestasi dan kelemahan yang dimiliki perusahaan sehingga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan manajemen dalam mengambil keputusan.

Salah satu bentuk analisis laporan keuangan adalah dengan menggunakan analisis rasio arus kas. Kas merupakan aktiva lancar yang paling likuid dan dapat menggambarkan kondisi perusahaan, dimana tingkat likuiditas perusahaan merupakan salah satu indikator di dalam pengukuran kinerja perusahaan. Semua perusahaan membutuhkan arus kas untuk menjalankan kegiatan operasional, kegiatan investasi dan kegiatan pendanaan perusahaan.

Laporan arus kas dapat memberikan informasi dan gambaran mengenai kas perusahaan. Dengan melihat dan menganalisis laporan arus kas perusahaan, para pemakai laporan keuangan dapat menilai tingkat efisiensi perusahaan dalam mengelola sumber dan penggunaan kas perusahaan.