Apa hal-hal yang dapat memperparah kondisi bibir pecah-pecah?

Bibir merupakan salah satu bagian wajah dengan kulit yang sangat sensitif. Mengingat betapa seringnya kita menggunakan bibir, tak heran jika bagian tubuh ini memerlukan perawatan yang baik. Salah satu masalah yang umum dialami adalah bibir pecah-pecah. Tak hanya kurang enak dipandang, kondisi ini juga dapat menimbulkan rasa sakit yang cukup mengganggu. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya bibir pecah-pecah. Mulai dari alergi kosmetik, hingga dehidrasi. Jika bibir sudah terlanjur pecah-pecah, apa hal yang harus dihindari?

Kira-kira bagaimana caranya? Karena bibir saya sudah urgent dalam masalah pecah-pecah. Terimakasih

Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi
Eksfoliasi bibir merupakan cara terbaik untuk mengangkat sel kuilt mati pada bibir. Dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, Anda bisa mendapatkan bibir yang berwarna cerah, lembut dan lembap. Namun, frekuensi dalam melakukan eksfoliasi bibir juga harus diperhatikan, ya! Jika terlalu sering, Anda justru dapat merasakan dampak buruknya. Eksfoliasi berlebih dapat menyebabkan bibir rentan mengalami iritasi dan menjadi semakin kering. Cukup lakukan sebanyak seminggu sekali menggunakan eksfoliator yang terbuat dari gula. Kenapa gula? Gula merupakan humectant sehingga dapat menarik kelembapan pada bibir.

Mengaplikasikan Lip Balm dengan Formula yang Kurang Cocok
Penggunaan lip balm merupakan salah satu solusi utama untuk menangani masalah bibir kering dan pecah-pecah. Namun, tahukah Anda bahwa penggunaan lip balm dengan formula yang salah justru dapat memperparah bibir pecah-pecah? Lip balm seringkali memiliki kandungan seperti perasa dan pewangi yang berisiko menimbulkan iritasi pada bibir, khususnya untuk Anda yang sensitif dengan kandungan tersebut. Tak hanya itu, cara pengaplikasian lip balm juga perlu diperhatikan. ‘Menyeret’ lip balm berbentuk stik pada bibir yang kering dan pecah-pecah juga dapat menyebabkan kulit iritasi.

Tidak Mengistirahatkan Bibir Dari Lipstik
Tidak bisa lepas dari penggunaan lipstik? Sayang sekali, hal ini dapat memperparah bibir pecah-pecah. Apalagi jika Anda gemar menggunakan matte dan longwear lipstick yang dapat membuat bibir semakin kering. Formula lipstik yang bersifat dead matte dapat menutup permukaan bibir hingga ke sela-sela sehingga kulit bibir tidak bisa mendapatkan kelembapan dari udara sekitar. Solusinya, gunakan lip balm berwarna bagi Anda yang ingin mengistirahatkan bibir tanpa takut terlihat pucat.

Mengonsumsi Makanan yang Mengiritasi Bibir
Ada beberapa jenis makanan yang berpotensi mengiritasi apabila terkena bibir. Misalnya, makanan pedas, makanan asin, makanan dengan kandungan menthol, hingga makanan dengan taburan kayu manis. Jenis makanan tersebut dapat menyebabkan inflamasi yang akan memperparah bibir kering dan pecah-pecah. Berhati-hatilah saat mengonsumsi jenis makanan tersebut, hindari area bibir, atau sekalian saja berhenti mengonsumsinya dalam jangka waktu tertentu.

Kebiasaan Menjilat Bibir
Saat bibir terasa kering, menjilat bibir memang dianggap sebagai solusi yang paling mudah untuk dilakukan. Namun, hal ini justru dapat memperparah bibir pecah-pecah yang dialami. Air liur dapat mengangkat kelembapan bibir dan membuat bibir menjadi sangat kering. Semakin sering dilakukan, bagian terluar bibir akan mengering dan mengelupas.

Sumber:
https://journal.sociolla.com/beauty/5-hal-yang-dapat-memperparah-bibir-pecah-pecah/