Apa Gejala Trombositosis?

Sumsum tulang mengandung stem cells (sel-sel induk) yang dapat berkembang menjadi sel darah merah, sel darah putih atau platelet (trombosit). Apa Gejala Trombositosis?

image

Gejala Trombositosis
Gejala trombositosis sekunder secara umum meliputi sakit kepala, pusing, kelelahan, sakit dada, pingsan, kesemutan pada tangan dan kaki, atau gangguan penglihatan sementara. Tidak jarang pula trombositosis sekunder tidak menunjukkan gejala sama sekali.
Gejala trombositosis sekunder umumnya berkaitan dengan gejala dari kondisi pemicunya sehingga pemeriksaan darah rutin ataupun pemeriksaan lainnya akan diperlukan untuk menentukan diagnosis trombositosis sekunder.

  • Trombositosis primer umumnya sedikit lebih sering dialami oleh perempuan dan orang yang berusia di atas 50 tahun, walaupun bisa terjadi juga pada orang dengan usia yang lebih muda. Gejala lain dari kondisi ini tidak jauh berbeda dengan trombositosis sekunder dengan penambahan gejala:

  • Kemerahan, rasa sakit yang membakar, dan denyutan di area tangan dan kaki.

  • Kehilangan fungsi penglihatan sementara.

  • Pembesaran limpa

  • Perdarahan. Pendarahan yang terjadi dapat berupa mimisan, gusi berdarah, timbul memar di kulit, dan kotoran yang disertai darah.

Penggumpalan darah dapat dialami penderita di area tangan dan kaki, serta otak sehingga dapat menyebabkan stroke atau transient ischemic attack (TIA). Segera temui dokter jika hal ini terjadi.

Sumber : trombositosis