Apa gejala kanker perut pada anjing? Bagaimana pengobatannya?

Data menunjukkan kanker perut lebih sering terjadi pada beberapa ras anjing seperti anjing gembala Belgia, Keeshond dan terrier Skotlandia. Anak anjing jarang terpengaruh dengan kondisi medis ini dengan kasus paling sering dilaporkan terjadi pada anjing berusia lebih dari 8-10 tahun. Terdapat berbagai jenis kanker perut pada anjing dengan yang paling umum adalah leiomyosarcoma, gastrointestinal stromal tumor, lymphoma, dan mast cell tumor.

image

Kesulitan mencerna makanan adalah gejala yang paling umum. Akibatnya, nafsu makan anjing menurun drastis yang disertai dengan penurunan berat badan.

Gejala lain kanker perut meliputi:

  • Muntah dengan bercak darah
  • Diare
  • Nyeri perut
  • Kotoran berwarna gelap (hitam)
  • Kelemahan dan kelesuan

Seperti manusia, kanker perut anjing diobati dengan kemoterapi dan terapi radiasi.

Kemoterapi paling efektif jika diberikan pada tahap awal kanker. Terapi radiasi, sampai batas tertentu, mampu menghentikan penyebaran sel-sel kanker.

Namun dalam beberapa kasus, radiasi tidak dianjurkan karena berpotensi merusak organ lain yang terdapat dalam perut.

Dalam kebanyakan kasus, kanker diangkat dari tubuh dengan cara operasi. Hanya saja, prosedur bedah tidak efektif jika sel kanker telah menyebar ke organ lain. Dalam beberapa kasus, operasi diikuti dengan obat kemoterapi untuk membatasi perkembangan kanker.

Sebagian besar tumor perut yang terdeteksi bersifat ganas. Seekor anjing yang didiagnosis dengan tumor ganas memiliki probabilitas kecil untuk tetap bertahan hidup. Dalam kasus ini, operasi pengangkatan tumor hanya memberikan bantuan sementara karena tumor akan kembali dalam waktu 6-8 bulan dan dengan cepat menyebar ke bagian tubuh lain. Kanker perut ganas (karsinoma) pada anjing bisa mengancam hidup karena kemampuannya menyerang organ-organ yang berdekatan seperti hati dan paru-paru. Anjing dengan tumor ganas umumnya tidak hidup lebih dari 6-8 bulan. Untuk mengurangi rasa sakit, terdapat obat yang sering dianjurkan oleh kebanyakan dokter hewan. Obat-obatan ini cukup efektif untuk meringankan rasa sakit ke tingkat minimum.

Pilihan pengobatan lain yang mampu meringankan ketidaknyamanan hewan peliharaan Anda adalah sebagai berikut:

  • Solusi Herbal
  • Aromaterapi
  • Akupunktur

Diet yang dirancang khusus bisa pula membantu meningkatkan umur anjing selama beberapa bulan.
Pengobatan konvensional yang dilengkapi dengan kapsul homeopati juga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup hewan peliharaan Anda.