Apa fungsi utama pengembangan Produk Roadmap bagi organisasi atau perusahaan?

Perusaaan atau organisasi dalam mengembangkan sebuah produknya akan melewati proses product roadmap terlebih dahulu, jadi apa saja fungsi pengembangan roadmap bagi organisasi atau perusahaan tersebut? Berikut penjelasannya :

Produk Roadmap adalah suatu rencana yang cocok dengan tujuan bisnis dalam jangka pendek maupun jangka panjang dan disertai dengan solusi teknologi yang spesifik untuk membantu memenuhi tujuan – tujuan tersebut. Roadmapping merupakan latihan dalam membangun produk roadmap. Roadmap dapat berlaku untuk produk atau layanan baru atau dapat berlaku pada penawaran yang sudah ada.

Manajer produk biasanya mempimpin proses roadmap tetapi pekerjaan yang dilakukan adalah mencari lintas fungsional masukan dari teknik, penjualan, pemasaran dan tim eksekutif untuk memastikan bahwa rencana tersebut akan mencapai target bisnis yang lebih tinggi.

Berikut merupakan 4 fungsi utama pengembangan Roadmap bagi organisasi atau perusahaan :

  • Roadmap mendorong konsensus dan mendukung organisasi untuk mencapai tujuan produk yang dikembangkan.

  • Roadmap menyediakan kerangka kerja bagi seluruh organisasi untuk merencanakan masa depan suatu produk.

  • Roadmap menyediakan mekanisme untuk menentukan tingkat investasi pembangunan yang diperlukan untuk memberikan fitur dan fungsi yang telah dispesifikan pada roadmap.

  • Roadmap menawarkan biaya serta risiko yang rendah bagi organisasi untuk mendapatkan pelanggan serta umpan balik pasar tentang tujuan produk tersebut.

Roadmap yang bagus dimulai dengan visi produk yang jelas serta kanvas yang menjelaskan kekuatan pasar dan pelanggan yang akan membentuk arah produk. Hal itu biasanya dsebut dengan strategi, strategi memiliki banyak komponen antara lain : kebutuhan pelanggan, ukuran pasar, kekuatan perusahaan, channel penjualan, posisi, kompetisi, mitra dan lain-lain.

Sumber : : https://www.aha.io/roadmapping/guide/product-roadmap/what-is-a-product-roadmap