Apa fungsi manajer pemasaran?


Seorang manajer pemasaran dapat bertanggung jawab atas satu produk atau merek, atau dapat menjadi manajer umum yang bertanggung jawab atas beragam produk dan layanan. Bisnis dapat mempekerjakan beberapa manajer pemasaran, dan usaha kecil cenderung meminta layanan profesional semacam itu.

Seorang manajer pemasaran dapat bertanggung jawab atas satu produk atau merek, sehingga fungsi dari manajer pemasaran dalam perusahaan juga dibutuhkan dalam menunjang tujuan bisnis. Oleh karena itu ada beberapa fungsi manajer pemasaran yaitu:

  1. Conducting Market Research
    Dimana para manajer mengidentifikasikan riset pasar untuk melihat peluang pasar yang baru dan mempelajari pesaing bisnis untuk dapat mengembangkan produk unggulan serta teknik pemasaran yang efisien. Manajer pemasaran biasanya akan melakukan riset pasar dengan kuisoner, wawancara atau menganalisa kebiasaan pembeli.

  2. Developing the Marketing Strategy
    Manajer pemasaran mengembangkan strategi pemasaran untuk organisasi, yang akan menciptakan nilai produk dan layanan pasar ke sasaran dengan tepat. Sehingga tujuan dari organisasi untuk meningkatkan volume penjualan dan keunggulan kompetitif dapat tercapai.

  3. Customer Relationship Management
    Manajer pemasaran mengumpulkan informasi dari database pelanggan untuk melakukan survei seberapa jauh kepuasan pelanggan terhadap produk kita. Manajer pemasaran kemudian akan membagikan informasi kepada stakeholder yang ada di organisasi serta kepada klien mereka untuk membangun hubungan yang langgeng.

  4. Evaluate the Product
    Di bidang teknologi, kebutuhan dan tuntutan pelanggan berubah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, menjadi penting bagi manajer pemasaran untuk mempelajari semua perubahan tersebut, dengan mengevaluasi produk secara berkala manajer pemasaran memodifikasi dan perubahan yang mungkin dilakukan pada produk.

  5. Employee Management
    Manajer pemasaran bertanggung jawab atas departemen pemasaran. Oleh karena itu manajer akan menetapkan tugas dan target untuk staff departemennya. Sehingga manajer pemasaran dapat melakukan evaluasi kinerja berkala terhadap staff yang bekerja untuk mereka.

Referensi

What Are the Functions of a Marketing Manager or Officer? | Small Business - Chron.com

Melakukan Riset Pasar

Manajer pemasaran melakukan riset pasar untuk mendapatkan pemahaman yang jelas tentang apa yang benar-benar diinginkan oleh pelanggan sebuah organisasi. Riset pemasaran memungkinkan para manajer ini untuk mengidentifikasi peluang pasar baru, membantu organisasi menciptakan ceruk pasar untuk produk atau layanannya. Riset pasar juga melibatkan mempelajari pesaing organisasi sehingga dapat mengembangkan produk unggulan dan menggunakan teknik pemasaran yang efisien. Perusahaan melakukan riset pasar dengan menggunakan kuesioner, wawancara tatap muka atau menganalisa kebiasaan membeli konsumen.

Mengembangkan Strategi Pemasaran

Manajer pemasaran bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi pemasaran untuk organisasi mereka. Strategi ini menguraikan dengan jelas bagaimana sebuah organisasi akan mempromosikan produk dan layanannya ke pasar sasarannya dengan tujuan meningkatkan volume penjualannya dan mempertahankan keunggulan kompetitif dibandingkan pesaingnya.

Pengelolaan Hubungan Pelanggan

Manajer pemasaran melakukan fungsi untuk memperjuangkan manajemen hubungan pelanggan dalam organisasi. Manajer pemasaran mengumpulkan informasi ini dari database pelanggan organisasi untuk membantu membuat survei kepuasan pelanggan. Manajer pemasaran kemudian membagikan informasi ini kepada karyawan lain untuk memastikan mereka menawarkan layanan pelanggan yang sangat baik kepada klien mereka untuk membangun hubungan yang langgeng.

Manajemen Karyawan

Manajer pemasaran bertanggung jawab atas departemen pemasaran dan oleh karena itu bertanggung jawab atas karyawan di departemen mereka. Mereka menetapkan tugas dan menetapkan target untuk staf departemen. Ini juga merupakan fungsi manajer pemasaran untuk melakukan evaluasi kinerja berkala terhadap staf yang bekerja untuk mereka.

Mengidentifikasi Peluang Bisnis Baru

Manajer pemasaran menganalisis tren pasar dengan tujuan untuk mengidentifikasi pasar yang belum dieksploitasi atau baru untuk produk dan layanan organisasi. Dengan mempelajari pola pembelian konsumen, mereka dapat mengidentifikasi puncak dan periode permintaan di luar puncak untuk produk mereka. Dengan menggunakan peramalan penjualan, mereka dapat memperkirakan kinerja produk organisasi di masa depan. Juga melalui analisis pasar dan peramalan, mereka dapat mengembangkan strategi untuk memastikan organisasi tetap kompetitif.

(Sumber : What Are the Functions of a Marketing Manager or Officer? | Small Business - Chron.com)