Apa fungsi kualitas bagi sebuah project sehingga perlu dibuat plan quality management?

manajemen_risiko

(EleonoraAudrey) #1

Plan quality management bertujuan untuk memastikan bahwa kualitas dari produk/project yang dikerjakan telah memenuhi keinginan customer, dan terkait bagaimana cara mencapai kualitas tersebut. Sebenarnya, apa fungsi kualitas itu sendiri bagi sebuah produk/project sehingga perlu adanya plan quality management?


(Tistya Putri Karima) #2

image

Istilah kualitas sangat penting bagi suatu organisasi atau perusahaan. Ada beberapa alasan perlunya kualitas bagi suatu organisasi. Russel dan Taylor (1996) mengidentifikasi enam peran pentingnya kualitas, yaitu:

  1. Meningkatkan reputasi perusahaan. Perusahaan atau organisasi yang telah menghasilkan suatu produk atau jasa yang berkualitas akan mendapat predikat sebagai organisasi yang mengutamakan kualitas. Oleh karena itu, perusahaan atau organisasi tersebut dikenal oleh masyarakat luas dan mendapatkan nilai “lebih” di mata masyarakat.

  2. Menurunkan biaya. Paradigma baru mengatakan bahwa untuk menghasilkan produk atau jasa yang berkualitas perusahaan atau organisasi tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi. Hal ini disebabkan perusahaan atau organisasi tersebut berorientasi pada customer satisfaction, yaitu dengan mendasarkan jenis, tipe, waktu, dan jumlah produk yang dihasilkan sesuai dengan
    kebutuhan dan harapan pelanggan, sehingga tidak perlu ada pemborosan berarti.

  3. Meningkatkan pangsa pasar. Pangsa pasar akan meningkat bila minimasi biaya tercapai, karena
    organisasi atau perusahaan dapat menekan harga, walaupun kualitas tetap menjadi yang terutama. Hal-hal inilah yang mendorong konsumen untuk membeli dan membeli lagi produk atau jasa tersebut sehingga pangsa pasar meningkat.

  4. Dampak internasional. Bila bisa memproduksi sesuatu yang berkualitas, maka pangsa pasar tidak hanya terbatas pada wilayah lokal, pangsa internasional pun bisa jadi mengenal dan tertarik dengan produk tersebut.

  5. Adanya pertanggungjawaban produk. Dengan semakin meningkatnya persaingan kualitas produk atau jasa yang dihasilkan, maka organisasi atau perusahaan akan dituntut untuk semakin bertanggung jawab terhadap desain, proses, dan pendistribusian produk tersebut untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.

  6. Untuk penampilan produk. Kualitas akan membuat produk atau jasa dikenal, dan hal ini akan
    membuat perusahaan atau organisasi yang menghasilkan produk atau menawarkan jasa juga dikenal dan dipercaya masyarakat luas.

  7. Mewujudkan kualitas yang dirasakan penting. Persaingan yang saat ini bukan lagi masalah harga melainkan kualitas produk. Hal inilah yang mendorong konsumen untuk mau membeli produk atau barang dengan harga tinggi namun berkualitas tinggi pula. Tetapi, kualitas mempunyai banyak dimensi yang bersifat subjektif.

Referensi :
Production and Operatons Management
Manajemen Kualitas