Apa fungsi dari pendekatan Quantitative Risk Analysis?

risk2

Quantitative Risk Analysis (QRA) adalah ilmu dan seni mengembangkan dan memahami estimasi risiko secara numerik (yaitu, fungsi dari frekuensi yang diharapkan dan konsekuensi dari potensi kecelakaan) yang terkait dengan fasilitas atau operasi. Apa saja fungsi dari Quantitative Risk Analysis ?

Quantitative Risk Analysis (QRA) adalah ilmu dan seni mengembangkan dan memahami estimasi risiko secara numerik (yaitu, fungsi dari frekuensi yang diharapkan dan konsekuensi dari potensi kecelakaan) yang terkait dengan fasilitas atau operasi. Metode QRA dapat digunakan pada seluruh fase atau tahapan proses. Namun, QRA paling efektif bila digunakan untuk menganalisis proses desain yang telah ditetapkan

Fungsi utama dari QRA adalah memberikan informasi untuk pengambilan keputusan. Hasil QRA tidak dapat membuktikan apa-apa. Namun, pembuat keputusan dapat membandingkan estimasi risiko QRA dengan kriteria toleransi untuk memutuskan apakah proses operasi cukup aman.

Hasil QRA yang sama dapat menghasilkan kesimpulan yang berbeda, misalnya manajemen perusahaan bisa saja menyatakan bahwa proses tersebut aman berdasarkan hasil QRA, namun aktivis masyarakat menyatakan tidak aman.Perbedaannya terletak pada toleransi risiko individu, bukan pada hasil QRA. Meskipun semua orang sudah sepakat dengan toleransi risiko, namun masih banyak hal-hal yang bersifat subjektif yang juga berpengaruh terhadap pemahaman risiko yang ada.