Apa fungsi dari Body Butter untuk kulit?

Kulit yang kering sering kali terlihat seperti bersisik. Kulit yang bersisik lebih sensitif dan bisa menyebabkan iritasi, kita perlu memakai pelembap agar kulit tetap sehat. Salah satu skincare yang ampuh mengatasi kulit kering yaitu body butter.

image

Body butter memiliki fungsi yaitu melembapkan kulit. Menurut Jeffrie Ann Hall, seorang ahli estetika, pelembap yang dikenal sebagai body butter cenderung memiliki tekstur yang lebih berat, lebih lembap, dan lebih kental dibandingkan dengan lotion.

Pada dasarnya, body butter tidak mengandung air. Body butter terbentuk dari minyak esensial dan butter. Ketika pelembap mengandung bahan-bahan pelumas, seperti butter, shea butter, dan minyak alami (minyak kelapa, minyak zaitun, dan jojoba), mereka akan melindungi kulit dengan menciptakan sebuah penghalang antara permukaan kulit dan unsur luar. Penghalang tersebut menyegel kelembapan serta melindungi kulit dari kotoran dan kerusakan.

Manfaat body butter

  1. Menghidrasi kulit
    Body butter akan membentuk penghalang yang akan menyegel kelembapan, sehingga kulit Anda terhidrasi dari segala kondisi cuaca. Banyak lotion akan mengering, karena mereka mendorong pembuangan air di kulit. Tekstur body butter yang kental dan bernutrisi merupakan solusi sempurna untuk kulit yang sangat kering.

  2. Melembutkan kulit
    Ketika kulit Anda kering, Anda dapat mengoleskan body butter ke seluruh tubuh setelah mandi. Body butter yang kaya akan minyak esensial dan butter akan melembutkan dan melembapkan kulit yang kering. Menggunakan body butter di malam hari akan membuat kulit Anda lebih lembut dan bersinar di pagi harinya.

  3. Melindungi kulit dari unsur luar
    Body butter dapat melakukan tugas ganda sebagai pelindung kulit. Bahan-bahan seperti minyak dan butter dapat mencegah racun yang berasal dari luar sekaligus menjaga kelembapan kulit. Beberapa body butter mengandung asam lemak esensial, atau vitamin A, C, dan E. Body butter yang memiliki kandungan tersebut akan melindungi kulit dari berbagai unsur, juga menjaga kulit agar tetap halus dan lembut.

  4. Mencegah kapalan dan kutil
    Anda juga dapat menggunakan body butter sebagai penghilang kapalan dan kutil di kaki. Caranya adalah dengan menggunakan body butter secukupnya di telapak kaki Anda setelah mandi, pijat perlahan, lalu gunakanlah sepasang kaus kaki yang tebal. Di pagi hari, gunakan pengikis kulit kapalan untuk menghapus kulit kering dengan lembut. Lakukan hal ini hingga kulit kering menghilang.

Sumber: