© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa fungsi dari administrasi dan manajemen ?

Setiap suatu hal memiliki fungsinya masing masing. Lalu apa fungsi dari administrasi dan manajemen menurut kalian ?

manajemen

Menurut David R. Fred, (2006) manajemen melaksanakan fungsi- fungsi : perencanaan, pengorganisasian, perencanaan, pemberian motivasi, pengelolaan staf, dan pengendalian.

  1. Perencanaan, terdiri atas semua aktivitas yang terkait dengan persiapan masa depan. Pekerjaan spesifik mencakup peramalan, penetapan sasaran, formulasi strategi, pengembangan kebijakan, dan penetapan tujuan.

  2. Pengorganisasian, pengorganisasian mencakup semua aktivitas manajerial yang menghasilkan struktur pekerjaan dan hubungan otoritas. Area yang spesifik mencakup desain organisasi, spesialisasi pekerjaan, deskripsi pekerjaan, rentang pengendalian, kesatuan komando, koordinasi, desain pekerjaan, dan analisis pekerjaan.

  3. Pemberian Motivasi, pemotivasian melibatkan usaha yang diarahkan untuk membentuk perilaku manusia. Topik spesifik mencakup kepemimpinan, komunikasi, kelompok kerja, modifikasi perilaku, delegasi otoritas, penhayaan pekerjaan, kepuasan kerja, pemuasan kebutuhan, perubahan organisasi, moral karyawan, dan moral manajerial.

  4. Pengelolahan Staf, aktivitas pengelolahan staf dipusatkan pada manajemen staf atau sumber daya manusia. Termasuk administrasi gaji dan upah, fasilitas karyawan, wawancara, perekrutan, pelatihan, pengembangan manajemen, keselamatan karyawan, tindakan afirmatif, kesempatan kerja yang setara, hubungan dengan serikat kerja, penelitian personel, kebijakan disiplin, prosedur keluh kesah, dan hubungan masyarakat.

  5. Pengendalian/ control, pengendalian mengacu pada semua aktivitas manajerial yang diarahkan untuk memastikan bahwa hasil actual konsisten dengan hasil yang direncanakan. Area perhatian utama adalah kontrol kualitas, kontrol penjualan, kontrol persediaan, kontrol biaya, analisis varians, imbalan, dan sanksi.

Administrasi

William H. Newman, menyebut “The work of Administration” yang dapat di bagi dalam 5 proses yaitu :

  1. Perencanaan (Planning)
  2. Pengorganisasian (Organizing)
  3. Pengumpulan Sumber ( Assembling resources)
  4. Pengendalian Kerja (Supervising)
  5. Pengawasan (Controling)

Fungsi Administrasi

Menurut H. Rahmat (2013) Fungsi administrasi yang keberadaannya sangat penting, yaitu sebagai berikut:

  1. Melaksanakan kegiatan demi tercapai tujuan

  2. Menghidupkan organisasi

  3. Memperkuat kedudukan organisasi

  4. Tim pimpinan organisasi

  5. Melaksanakan manajemen jenis tertentu

  6. System pengolahan berbagai input untuk menghasilkan output tertentu

  7. Tingkah laku (behavior) tertentu

  8. Pola dan proses kerja sama dalam mencapai tujuan

  9. Ilmu, kemampuan, atau seni kemampuan tertentu.

Fungsi Menejemen

Pada hakikatnya, bila dikombinasikan pendapat diatas, maka fungsi-fungsi manajemen adalah sebagai berikut:

  • Forecasting atau prevoyance (Prancis) adalah kegiatan meramalkan, memproyeksi atau mengadakan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadisebelum suatu rencana yang lebih pasti dapat dilakukan. Misalnya suatu akademik, meramalkan jumlah mahasiswa yang akan melamar belajar Akademik tersebut.

  • Planning termasuk Budgeting, Perencanaan adalah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai sesuatu basil yang diinginkan. Sesungguhnya fungsi perencanaan bukan saja menetapkan hal- hal seperti; kapankah tindakan itu dilaksanakan; siapakah yang akan mengerjakan tindakan itu dan; bagaimanakah melaksanakan tindakan itu.

  • Organizing. Organisasi atau pengorganisasian dapat pula dirumuskan sebagai keseluruhan aktivitas manajemen dalam mengelompokkan orang-orang serta penetapan tugas, fungsi, wewenang, tanggung jawab masing-masing dengan tujuan tercapainya aktivitas-aktivas yang berdaya guna dan 'berhasil guna dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu.

  • Staffing atau Assembling Resources. Staffing merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada sesuatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap petugas memberi daya guna maksimal kepada organisasi.

  • Directing atau Commanding. Directing atau disebut juga Commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran-saran, perintah-perintah atau instruksi-instruksi kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas masing-masing bawahan tersebut, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar kepada tujuan yang telah ditetapkan semula.

  • Leading. Pekerjaan leading, meliputi lima macam kegiatan yakni: mengambil keputusan, mengadakan komunikasi agar ada Bahasa yang sama antar manejer dan bawahan, memberi semangat inspirasi dan dorongan kepada bawahan agar mereka bertindak, memilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya.

  • Coordinating. Coordinating atau mengkoordinasi merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan-kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubung-hubungkan, menyatupadankan dan menyelaraskan pekerjaan-pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan bersama atau tujuan organisasi.

  • Motivatin. Motivating atau pedorong kegiatan-kegiatan merupakan salah satu fungsi manajemen berupa pemberian inspirasi, semangat dan dorongan keoada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatan secara sukarela sesuai apa yang dikehendaki oleh atasan kepada bawahan ditujukan agar bawahan bertambah kegiatannya atau mereka lebih bersemangat melaksanakan tugas-tugas sehingga lebih berdaya guna dan berhasil guna.

  • Controlling. Controlling atau pengawasan, sering juga disebut pengendalian, adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian dan sekaligus bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang sedang dilakukan bawahan dapat diarahkan kejalan yang benar dengan maksud dah tujuan yang sudah digariskan semula.

  • Reporting. Reporting atau pelaporan adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatanatau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi baik secara lisan maupun secara tertulis sehingga menerima laporan dapat memperoleh gambaran tentang pelaksanaan tugas orang yang memberikan laporan.