Apa fungs sirip yang terdapat pada ikan ?

Sirip ikan

Sirip ikan merupakan organ yang menonjol dari tubuh yang ditutupi dan dihubungkan oleh selaput kulit. Fungsinya umumnya adalah untuk membantu ikan berenang, walaupun kadang digunakan juga untuk meluncur atau merangkak, seperti pada ikan terbang dan ikan kodok. Sirip pada ikan terletak pada berbagai tempat untuk berbagai fungsi, seperti gerak maju, berputar, atau mempertahankan posisi tegak. Apa fungs sirip yang terdapat pada ikan ?

Pada tubuh ikan terdapat 6 macam sirip, antara lain yaitu: sirip dada (Pinnae Pectoral), sirip ekor (Pinnae Caudalis), sirip perut (Pinnae Ventralis), sirip dubur (Pinnae Analis), sirip punggung (Pinnae Dorsalis) dan Adipose fin.

anatomi ikan

Berikut ini penjelasan 6 jumlah sirip pada ikan beserta fungsinya:

  1. Pinna pectoralis (sirip dada)

    Fungsi sirip dada pada ikan adalah untuk melakukan pergerakan maju, ke samping dan diam (mengerem), sirip ini terletak di posterior operculum atau disebut juga pada pertengahan tinggi di kedua sisi tubuh ikan.

  2. Pinna dorsalis (sirip punggung)

    Sirip punggung, fusinya adalah untuk menstabilkan tubuh (Balance). Ikan akan menggunakan sirip ini sekalian dengan Pinna Analis untuk membantu ikan memutarkan badan dengan cepat. Dan sirip ini berada pada di bagian dorsal.

  3. Pinna ventralis (sirip perut)

    Sirip perut ini berperan dalam menstabilkan tubuh ikan saat berenang. Namun tidak hanya itu saja, sirip tersebut juga berfungsi untuk membantu menetapkan posisi tubuh pada kedalaman tertentu. Letaknya tepat di bagian perut ikan.

  4. Pinna analis (sirip dubur)

    Sirip dubur, sirip ini berada pada bagian posterior anal, tidak jauh dengan duburya. Fungsinya guna membantu ikan dalam menstabilkan tubuh saat berenang, hampir sama dengan siriip perut.

  5. Pinna caudalis (sirip ekor)

    Sirip ekor, sirip ini terletak pada bagian posterior tubuh ikan dan biasanya dinamakan sebagai ekor. Fungsi sirip ini sebagai pendorong utama ketika ikan berenang (maju) dan juga sebagai stier/kemudi pada saat bermanuver.

  6. Adipose fin

    Letak sirip ini adalah pada bagian dorsal agak sedikit di depan pinna caudalis. Namun tidak semua ikan memiliki sirip ini.