Apa efek samping dan bahaya obat quinidine

image
Quinidine adalah obat golongan antiaritmia yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis aritmia, seperti fibrilasi atrium dan atrial flutter. Obat ini bekerja dengan cara memblokir aliran sinyal denyut jantung yang tidak beraturan dan meningkatkan kemampuan jantung agar dapat bekerja secara normal. Dalam kasus tertentu, quinidine juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit malaria dengan cara menghentikan perkembangan parasit dalam tubuh. Apa saja efek samping dan bahayanya?

Kenali Efek Samping dan Bahaya Quinidine
Berikut adalah beberapa efek samping yang dapat dirasakan setelah menggunakan quinidine:

Diare.

  1. Sakit perut hingga kram.
  2. Sakit maag.
  3. Pusing.
  4. Mudah merasa lelah dan lemas.
  5. Penglihatan kabur atau ganda.
  6. Tremor.
  7. Muncul ruam pada kulit.

Segera temui dokter jika efek samping tersebut tidak hilang dalam jangka waktu yang lama, atau jika Anda mengalami efek samping sebagai berikut:

  • Kulit menguning (jaundice).
  • Hipotensi.
  • Pingsan.
  • Dada terasa nyeri.
  • Otot terasa sakit hingga meradang.
  • Tinnitus atau gangguan pendengaran.
  • Vertigo.
  • Linglung.
  • Perdarahan.

Sumber : quinidine

Menggunakan Quinidine dengan Benar
Ikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi quinidine. Obat ini bisa diminum sebelum atau sesudah makan. Telan quinidine oral secara langsung dengan menggunakan air putih. Disarankan untuk mengonsumsinya sebelum makan. Tetapi jika memiliki sakit maag, obat dapat dikonsumsi saat makan. Jangan langsung berbaring setelah minum obat, tunggu paling tidak 10 menit. Jangan menambah atau mengurangi dosis quinidine tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Hindari mengonsumsi jeruk bali dan minuman beralkohol saat dalam pengobatan dengan quinidine untuk menghindari interaksi dengan obat. Hindari perubahan konsumsi garam secara tiba-tiba, karena akan mempengaruhi penyerapan obat.

Quinidine dapat menyebabkan efek pusing. Disarankan untuk tidak mengemudi atau mengoperasikan alat berat setelah mengonsumsi obat ini.

Jika Anda lupa mengonsumsi quinidine oral, disarankan untuk segera melakukannya jika jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya tidak terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Sumber : quinidine