Apa efek gigi geraham tumbuh pada orang dewasa?

Gigi geraham merupakan salah satu jenis gigi yang bisa tumbuh di usia remaja hingga dewasa muda. Inilah yang sering disebut sebagai gigi geraham bungsu atau gigi bungsu, yaitu karena tumbuhnya paling akhir. Gigi geraham bungsu itu sendiri biasanya tumbuh pada usia sekitar 18 hingga 25 tahun. Namun setiap orang memiliki fase yang berbeda. Bisa saja bahkan Gigi Bungsu baru tumbuh pada orang yang sudah berusia 30 tahun. Banyak yang mengatakan bahwa efek gigi geraham tumbuh sangat banyak dan perlu diwaspadai.
asw

Banyak yang mengatakan bahwa efek gigi geraham tumbuh sangat banyak dan perlu diwaspadai. Berikut beberapa efek sampingnya.

  1. Rasa nyeri
    Salah satu efek samping gigi geraham tumbuh pada orang dewasa adalah munculnya rasa nyeri. Rasa nyeri ini bisa muncul di gusi atau rahang. Sebenarnya rasa nyeri yang muncul akibat efek gigi geraham tumbuh ini memang perlu diwaspadai. Karena bisa saja tumbuhnya gigi tidak tepat posisinya sehingga dapat menyebabkan rasa sakit akibat syaraf terpengaruh. Namun, pada kenyataannya pertumbuhan gigi geraham bungsu yang normal sekalipun juga menunjukkan gejala rasa nyeri ini.

  2. Pembengkakan
    Efek gigi geraham tumbuh lainnya yang juga sering dialami oleh kita adalah munculnya pembengkakan dan warna kemerahan pada gusi tempat dimana tumbuhnya gigi. Hal ini terjadi pada gusi sebelum gigi tumbuh ke permukaan gusi. Biasanya gusi memang akan membengkak dan disertai dengan rasa yang tidak nyaman. Pembengkakan ini bisa diraskan dengan menggunakan lidah untuk meraba bagian dalam gusi, khususnya di pangkal rahang dimana gigi bungsu akan tumbuh. Namun pembengkakan atau peradangan ini akan mengempis seiring berjalannya waktu.

  3. Gusi robek
    Tumbuhnya gigi geraham bungsu juga sering memberikan Tanda-Tanda Gigi Geraham Bungsu Tumbuh berupa gusi yang terlihat robek. Robeknya gusi ini merupakan tanda bahwa gigi bungsu akan segera tumbuh. Permaslaahan ini sering juga disebut sebagai pericoronal flap. Namun kondisi ini masih merupakan kondisi normal sehingga tidak perlu dicemaskan berlebihan.

  4. Gusi berdarah
    Beberapa orang juga mungkin saja mengalami gusi berdarah saat gigi bungsu tumbuh. Darah ini bisa muncul dari sekitar gusi dimana gigi akan tumbuh. Kondisi ini cukup sering terjadi. Namun gusi berdarah juga bisa disebabkan oleh hal lain, misalnya sariawan, penyakit pada gusi, atau cedera pada gusi.

  5. Sulit membuka mulut
    Ketika gusi bagian belakang mengalami pembengkakan akan tumbuh gigi geraham, bisa jadi akan muncul kesulitan dalam membuka mulut. Namun gangguan ini biasanya hanya terjadi selama beberapa hari. Ketika kondisi ini terjadi, Anda disarankan untuk minum menggunakan sedotan guna mengurangi rasa sakitnya.

sumber: https://halogigi.com/