Apa dampak yang ditimbulkan akibat membiarkan gigi berlubang?

gigi berlubang

Kadangkala masalah gigi berlubang ini sering diabaikan oleh orang-orang tertentu yang menganggapnya sepele. Ketika sakit gigi akibat gigi berlubang itu datang, mereka mencari obat yang hanya bisa untuk menghilangkan sakitnya saja tanpa memperbaiki atau menambal lubang pada gigi. Padahal jika lubang pada gigi dibiarkan dan tidak segera ditambal akan mengundang berbagai dampak negatif.

Dampak yang ditimbulkan akibat membiarkan gigi berlubang antara lain:

  1. Sakit gigi yang menyiksa
    Gigi berlubang adalah peristiwa pengikisan email atau mineral pada gigi. Awalnya lubang pada gigi berukuran kecil, namun lama kelamaan akan membesar dan akan semakin banyak dimasuki kuman sehingga rasa sakit yang diakibatkan gigi berlubang ini akan sangat terasa hingga membuat penderitanya kalang kabut dan tidak bisa tidur.

  2. Kuman mudah sekali masuk
    Karena adanya lubang di gigi, menyebabkan kuman-kuman mudah masuk ke dalam gigi dan mengganggu kesehatan gigi.

  3. Menimbulkan bau mulut
    Terdapatnya lubang dalam gigi membuat serpihan- serpihan makanan yang dimakan akan masuk ke dalam lubang. Lama- kelamaan sisa makanan tersebut menumpuk sehingga menyebabkan bau yang tidak sedap dari dalam mulut.

  4. Berisiko terkena berbagai macam penyakit
    Orang yang menderita gigi berlubang dapat beresiko terkena berbagai macam penyakit seperti jantung, paru-paru, ginjal, ovarium, saraf, infeksi sendi, kerapuhan, diabetes melitus, dan mata.

  5. Memicu bayi lahir prematur
    Gigi berlubang bila diderita oleh ibu hamil akan memungkinkan terkena resiko bayi lahir secara prematur atau bayi yang lahir mempunyai berat badan sedikit.

  6. Pembuat penampilan gigi menjadi tidak menarik
    Gigi yang berlubang akan membuat nilai gigi sebagai salah satu elemen kecantikan menjadi berkurang. Karena tampilan gigi berlubang akan sangat jelek.

Sumber: https://halosehat.com/penyakit/sakit-gigi/bahaya-membiarkan-gigi-berlubang

Berikut ini adalah hal yang perlu Anda ketahui mengenai gigi berlubang, jika Anda masih enggan rutin menyikat gigi, Anda harus segera ubah kebiasaan ini:

  • Jika tidak ditangani dengan benar, gigi berlubang dapat menyebabkan infeksi pada gigi atas bagian belakang, dan infeksi ini dapat menyebar ke sinus belakang mata. Jika sudah begitu, bakteri akan masuk ke dalam otak dan dapat menyebabkan kematian.

  • Gigi berlubang disebabkan oleh bakteri yang memproduksi asam sehingga menggerogoti gigi, menyebabkan lubang pada gigi. Lubang tersebut membuat Anda mengalami rasa sakit, infeksi, dan kehilangan gigi.

  • Gigi memiliki tiga lapisan; dentin (lapisan tengah), enamel (lapisan luar), pulp (bagian tengah gigi yang terdiri dari saraf dan pembuluh darah). Semakin banyak lapisan yang terserang bakteri, akan semakin buruk kerusakan yang ditimbulkan.

  • Plak yang terbentuk pada gigi dan gusi mengandung banyak bakteri, tetapi dapat dikontrol dengan menyikat gigi dengan benar.

  • Bakteri tersebut akan memakan gula dari makanan yang kita makan, lalu dia akan mengeluarkan asam yang akan menyerang gigi sekitar dua puluh menit setelah kita makan. Enamel adalah lapisan pertama yang akan dihancurkan oleh asam dari bakteri tersebut.

  • Saliva alias air liur ternyata mampu untuk menetralisir asam pada mulut. Pada kasus gigi berlubang, menurut drg. Sri Angky Soekanto, DDS, PhD, kurangnya saliva menyebabkan bakteri terakumulasi tingkat sehingga keasaman di mulut menjadi tinggi.

sumber: https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/gigi-berlubang-bisa-sebabkan-kematian/

Berikut ini adalah beberapa bahaya yang dapat muncul dari kondisi gigi berlubang :

  1. Infeksi Pembuluh Darah
    Bahaya pertama yang dapat muncul karena gigi berlubang adalah dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada pembuluh darah. Hal ini dapat disebabkan karena kuman, bakteri dan juga kotoran yang berasal dari gigi yang berlubang dapat masuk dan menginfeksi ke dalam pembuluh darah. Infeksi di dalam pembuluh darah ini sangat berbahaya. Selain dapat mengganggu kelancaran dari peredaran darah, infeksi tersebut bisa juga menyebar ke seluruh organ tubuh yang dialiri oleh pembuluh darah yang sudah terinfeksi tersebut.

  2. Gigi terasa sangat ngilu
    Bahaya gigi berlubang yang merupakan salah satu efek langsung dari gigi berlubang yang oleh penderitanya adalah ngilu yang berlebihan. Kondisi ini akan menyebabkan penderita gigi berlubang akan merasakan sakit dan juga ngilu, tidak hanya ketika makan, namun juga ketika sedang tidak melakukan aktivitas. Kemungkinan gigi akan terasa sakit dan juga terasa sangat ngilu, apalagi ketika gigi yang berlubang sudah masuk ke dalam syaraf gigi, yang pastinya akan sangat berbahaya dan menyakitkan.

  3. Gangguan pada syaraf-syaraf gigi
    Gigi berlubang yang tidak langsung diberikan penanganan medis yang tepat, juga akan menyebabkan bahaya lainnya yang tidak mengenakkan bagi tubuh anda. Hal ini akan mempengaruhi kondisi syaraf dari gigi anda. Terdapat kemungkinan syaraf gigi anda akan menjadi Mati atau rusak, sehingga hal ini dapat berakibat pada kondisi gigi yang tidak normal, rasa ngilu berlebihan, dan juga menyebabkan kondisi syaraf lainnya menjadi terpengaruh.

  4. Radang pada gigi dapat menyebar ke organ lainnya
    Seperti sudah disebutkan sebelumnya, gigi yang berlubang dapat menyebabkan munculnya peradangan pada bagian gigi. Selain peradangan, yang tentu saja dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, hal ini juga dapat membuat munculnya peradangan pada organ-organ lainnya. Hal ini dapat terjadi ketika sel-sel yang mengalami peradangan dapat menyebabkan munculnya gangguan pada organ lain, seperti organ ginjal dan juga organ paru-paru. Peradangan ini sangatlah berbahaya, karena akan menyebabkan fungsi dari organ yang pastinya menjadi tidak optimal dan juga maksimal.

  5. Keompongan dan kehilangan gigi
    Bahaya gigi berlubang adalah dapat menyebabkan keompongan dan jufa kehilangan gigi. Hal ini dapat terjadi karena gigi berlubang yang bertambah parah dan juga tidak diobati dan juga disembuhkan secara total, akan membusuk dan juga tidak dapat berfungsi seperi biasanya. Apabila hal ini terjadi, maka tidak ada pilihan lain untuk mencabut gigi anda.

Sumber: https://halosehat.com/penyakit/sakit-gigi/bahaya-gigi-berlubang

Gigi berlubang termasuk salah satu masalah kesehatan yang umum di dunia dan dapat diderita siapapun. Meski tampak sepele, kondisi ini dapat menyebabkan beragam komplikasi.

Berikut adalah beragam bahaya gigi berlubang jika dibiarkan

  • Rasa sakit yang terus berlanjut hingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari

  • Timbul bengkak, hingga disertai nanah di sekitar area gigi berlubang

  • Gigi dapat rusak, retak ataupun patah

  • Sulit mengunyah dan menelan yang dapat menyebabkan pasien kekurangan nutrisi dan penurunan berat badan

  • Gigi bolong atau ompong yang bisa mengubah posisi gigi-gigi lainnya yang menyebabkan gangguan penampilan hingga menurunkan tingkat kepercayaan diri

  • Munculnya abses gigi yaitu radang jaringan beserta nanah akibat infeksi bakteri. Kondisi ini bisa menyebabkan komplikasi yang mengancam nyawa

Pakar kesehatan gigi Dr. drg. Rina Permatasari, SpKG menyebutkan jika andai masalah gigi berlubang ini dibiarkan begitu saja dan tidak segera ditangani secara medis dengan baik, dikhawatirkan akan menimbulkan masalah gigi lainnya seperti infeksi. Hal ini disebabkan oleh kondisi lubang pada gigi yang dipenuhi oleh sisa makanan dan akhirnya menjadi tempat yang ideal bagi kuman untuk berkembang semakin banyak dan membuat kondisi ini menjadi lebih parah.

Tak hanya bisa menyebabkan infeksi, gigi berlubang juga bisa memicu masalah kesehatan lainnya yakni semakin menipisnya gigi dan akhirnya membuatnya pecah. Hal ini disebabkan oleh kondisi gigi berlubang yang memang sudah tidak lengkap lagi bagiannya.

Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan yang bekerja di rumah sakit Pondok Indah ini pun menyarankan siapa saja untuk segera memeriksakan kondisi gigi jika mengalami masalah gigi berlubang atau sakit. Gigi yang sakit sudah menandakan adanya masalah kesehatan dan hal ini sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja

Selain segera memeriksakan gigi yang berlubang, drg. Rina juga menyarankan kita yang sudah menambal gigi sebelumnya namun tambalannya lepas untuk segera menambalnya kembali. Biasanya, hal ini disebabkan oleh mengkonsumsi makanan dengan tekstur keras seperti kacang, daging, keripuk, atau kebiasaan mengunyah es batu dan tulang ayam. Demi mencegah lepasnya tambalan gigi tersebut, ada baiknya memang kita tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan-makanan yang keras.

Sumber: http://doktersehat.com/ini-bahayanya-jika-kita-tidak-segera-menambal-gigi-yang-berlubang/