Apa Dampak Bermain Game Yang Pernah Kalian Rasakan?

young-gamer-with-head-in-hands1-1200x720-2.jpg (1200×720) (nicholasprojects.org)

Bermain game tentu mempunyai dampak positif dan negatif, seperti bermain game terlalu lama dampak positifnya adalah skill bermain game tersebut menjadi terasah dll. lalu dampak negatifnya memakan banyak waktu dll. atau bermain game sendirian, bermain game tengah malam, dsb. masing-masing mempunyai dampak positif dan negatif pada diri kita. Nah, kalau kalian gimana? apa kondisi bermain game tersebut dan apa dampak yang pernah kalian alami?
2 Likes

Dalam pandangan saya, benar bahwa dalam bermain gim ada dampak positif tertentu. Misalnya saja, dapat memperluas jejaring dengan cara yang lebih seru. Kebanyakan gim juga menggunakan bahasa asing, sehingga dengan memainkannya kita perlahan dapat terbiasa dengan beberapa kosa kata asing. Dalam gim, kita juga dilatih untuk berstrategi dan memotivasi untuk menyelesaikan target atau tujuan tertentu.
Namun, benar juga bahwa gim dapat berdampak buruk. Buruk bila kita terlalu terlena dengan kehidupan gim. Lantas lupa dengan tujuan dan target di kehidupan nyata.

1 Like

Perkembangan teknologi pada era digital ini tidak dapat dipungkiri sangat pesat adanya. Salah satu produk perkembangan teknologi yang saat ini digemari oleh berbagai kalangan adalah game online . Aku telah bermain game sejak masih SD secara offline di rumah maupun online di warnet. Sejak aku duduk di bangku SMA, game online berbasis mobile di handphone mulai bermunculan karena semakin majunya teknologi dan kemudahan akses terhadap internet.

Dilihat dari sudut pandang yang positif, bermain game tentunya memiliki banyak manfaat bagi penggunanya. Contoh manfaat bermain game yang aku rasakan adalah sebagai sarana hiburan, mengisi waktu luang, melatih konsentrasi dan strategi kerja sama tim, melatih kedisiplinan untuk mencapai suatu target atau tujuan, bersosialisasi dengan orang lain, belajar bahasa asing terutama bahasa Inggris, dan bahkan bermain game dapat dijadikan sebagai profesi atau pekerjaan dengan menjadi atlet e-sports atau membuat konten Youtube.

Namun, bermain game juga memiliki dampak negatif yang mengancam penggunanya. Contoh dampak negatif yang aku rasakan saat bermain game adalah kecanduan, menghabiskan banyak waktu, mengganggu waktu istirahat, mengganggu rutinitas atau tugas harian kita, mengganggu waktu ibadah, membuat mata lelah, adanya dorongan untuk mengeluarkan uang untuk membeli suatu voucher, dan masih banyak lagi.

Bermain game memang layak untuk dijadikan sebagai sarana hiburan, namun perlu disikapi dengan bijak supaya tidak berdampak buruk bagi remaja. Remaja dianggap lebih sering dan lebih rentan terhadap kecanduan game daripada orang dewasa karena berada pada periode ketidakstabilan yang cenderung lebih mudah terjerumus terhadap percobaan hal-hal baru. Dengan demikian remaja perlu diberikan upaya pecegahan terhadap kecanduan game, sehingga diharapkan dapat terhindar dari kecanduan tersebut. Pencegahan dampak negatif kecanduan bermain game membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, seperti orang tua, guru, saudara, sahabat, dan sebagainya yang berperan memberi edukasi dan pengarahan agar para penggunanya memiliki tingkat kesadaran diri sendiri yang baik akan dampak yang dihasilkan dari bermain game online.

Sumber

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan game online pada remaja: Dampak dan pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148-158.

1 Like

Ada berbagai macam dampak yang pernah saya alami selama bermain game, pertama kalau sudah terlalu lama bermain dan menatap layar mata saya jadi berair dan agak sedikit memerah, mungkin karena terlalu lama terpapac cahaya hp dan selalu fokus dengan layar.

Yang kedua jadi tidak napsu makan, karena selain membuat mata berair kadang bisa membuat saya pusing karena memainkannya, munkin karena kurangnya istirahat dan akhirnya menjadi kurang napsu untuk ingin makan. Jadinya badan lebih kurus dan nggk pernah gemuk :laughing:

1 Like

Saya termasuk orang yang sangat suka bermain game. Hampir setap hari saya gunakan untuk bermain game. Dulu saya pernah bermain game berhari-hari sampai lupa waktu. Yang saya rasakan dulu waktu saya bermain game non-stop yaitu:

  1. Masalah kesehatan
    Dampak main game yang saya rasakan yaitu masalah kesehatan saya. Saya merasakan adanya gangguan pada mata, otot, kerangka dan postural, pegal di bahu, tangan, dan siku.

  2. Performa akademik yang buruk
    Semenjak bermain game terus-terusan mengakibatkan performa akademik saya memburuk. Saya susah dalam mengatur waktu untuk belajar bahkan menyebabkan saya tidak dapat fokus dalam pelajaran.

  3. Kelelahan
    Dengan kebiasaan saya dulu yang bermain game terus-terusan, lama-lama tubuh saya mudah lelah. Saya mengalami kelelahan dikarenakan kurang tidur, jam tidur yang terganggu, dan kesulitan tidur.

Source

https://www.gooddoctor.co.id/hidup-sehat/penyakit/penyakit-akibat-main-game-online/

Pada dasarnya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Menurut saya, dampak negatif dari game akan terasa ketika bermain dengan berlebihan, seperti lupa waktu, kurang tidur, kurang produktif, dan lain-lain. Saya pribadi orang yang suka bermain game. Selain mengisi kekosongan waktu dan bersosialisasi dengan orang lain, bagi saya game dapat menjadi sebuah medium untuk belajar Bahasa Inggris. Dari kecil saya sering menemukan isitlah baru dalam Bahasa Inggris ketika bermain game

Selain itu, dampak positif yang saya rasakan dari bermain game yaitu saya banyak mengetahui peraturan atau cara bermain dari beberapa olahraga, seperti sepak bola, basket, baseball, dan american football. Hal ini karena saya menyukai game dengan kategori olahraga. Dari bermain game, wawasan saya mengenai cara bermain, peraturan, hingga strategi olahraga pun bertambah.

1 Like