Apa dalilnya kita dapat menggunakan hiriz?

Hiriz merupakan doa preventif. Artinya, sebelum terjadi sesuatu yang menakutkan dan mengancam kita, kita membentengi diri kita dengan Hiriz.

Apa dalilnya kita dapat menggunakan hiriz?

Hiriz merupakan bentuk kata tunggal dan jamaknya adalah ahraz. Hiriz secara leksikal bermakna tempat berlindung, tempat kokoh dan kuat, dan segala sesuatu yang menjaga manusia dan manusia datang ke tempat itu untuk berlindung.

Hiriz secara teknikal adalah doa-doa yang dengan membacanya atau menulisnya dan membawanya bersama akan menghilangkan rasa takut, menjauhkan niat jahat, menolak bala, penyakit dan makhluk-makhluk penggangu.

Untuk menetapkan legalitas hal-hal yang berkenaan dengan syariat suci Islam maka kita harus berargumentasi dan bersandar pada ayat-ayat al-Quran atau Sunnah Rasulullah Saw dan para Imam Maksum As lalu kemudian akal dan konsensus yang berujung pada ayat-ayat al-Quran atau sunnah.

Sebagai legalitas dan dasar hukum menggunakan hiriz, terdapat sunnah berupa amalan praktis yang dicontohkan Rasulullah Saw ketika beliau menggunakannya untuk menjaga Imam Hasan As dan Imam Husain As. Di samping itu juga terdapat sunnah berupa ucapan yang disampaikan oleh Rasulullah Saw dan para Imam Maksum As terkait dengan instruksi penggunaan hiriz.

Sebagai contoh kami akan menyebutkan beberapa riwayat sebagai berikut:

Imam Shadiq As meriwayatkan dari Imam Ali As bahwa Rasulullah Saw mendoakan Imam Hasan As dan Imam Husain As. Kemudian Rasulullah Saw berpaling kepada kami dan bersabda, “Demikianlah Ibrahim As menyerahkan Nabi Ismail As dan Nabi Ishak As dalam lindungan Allah Swt.