Apa ciri-ciri kacer tipe dingin?

Bird

Istilah kacer tipe dingin sudah umum digunakan untuk membedakan karakter burung agar kita lebih mudah untuk merawatnya. Kacer tipe dingin ini tentunya burung yang mempunyai suhu tubuh dingin atau bisa di artikan sebagai burung yang lebih susah dibuat emosi karena mempunyai sifat/ karakter yang tenang.

Burung kacer tipe dingin ini biasanya dalam kesehariannya lebih dominan ngriwik dari pada ngeplong maka dari itu pemberian EF dan juga penjemuran yang kuat bisa menjadi solusi agar burung dengan tipe ini mau ngeplong.

Ada beberapa ciri yang mendasari pada kacer tipe dingin ini yaitu burung kacer tidak suka mandi dan kuat panas kalau di jemur, sebagai contoh ketika burung kacer di masukkan ke dalam keramba tetapi burung tidak mau mandi sendiri namun harus disemprot dulu supaya mau mandi dan juga burung kacer kalau di jemur dalam waktu yang cukup lama tetap kuat dan tidak membuka mulutnya seperti kepanasan.

Beberapa ciri mendasar kacer tipe dingin adalah burung tidak suka mandi dan kuat panas kalau dijemur, sebagai contoh ketika burung dimasukkan dalam keramba tetapi burung tidak mau mandi sendiri tapi harus disemprot dulu agar mau mandi dan juga burung kalau dijemur lama tetap kuat dan tidak membuka mulutnya seperti kepanasan.

Itulah sebagai gambaran tentang kacer tipe dingin ini yang sedikit susah untuk dibuat ngeplong, namun dengan mengetahui karakter burung tersebut diharapkan kita bisa untuk memberikan perawatan yang tepat supaya burung kacer tipe dingin ini mau mengeluarkan isiannya pada saat dilombakan.

Rawatan Harian Kacer Tipe Dingin

Untuk pola perawatan harian untuk kacer tipe dingin ini, cukup mudah. untuk lebih jelasnya bisa simak pola perawatannya dibawah ini.

  • Untuk kesehariannya burung dikerodong.
  • Pagi hari embunkan burung agar mendapatkan udara yang segar, proses pengembunan dipercaya dapat membuat burung lebih rajin berkicau.
  • Jemur burung mulai pukul 7 sampai burung membuka mulutnya (tanda kepanasan). Biasanya kacer tipe dingin lebih tahan panas maka dari itu penjemuran bisa sampai jam 10 pagi.
  • Saat dijemur burung bisa juga dimasukkan kandang umbaran untuk melatih pernafasan dan membuat burung olahraga agar tidak kegemukan.
  • Setelah jemur dan burung sudah tenang baru berikan EF jangkrik 5 ekor dan UH 2 ekor saja untuk menghangatkan suhu tubuhnya.
  • Burung tidak usah dimandikan tiap hari, seminggu cukup 2 kali saja agar suhu tubuh tetap terjaga.
  • Burung bisa dikrodong lagi sampai sore hari setelah itu berikan jangkrik 5 ekor dan juga UH tetap 2 ekor saja.
  • Malam hari full krodong.
  • Pemberian Ulat Hongkong (UH) sangat penting untuk kacer tipe dingin karena UH yang sifatnya panas bisa menghangatkan suhu tubuh burung, jika kacer tipe ini kurang kena jemur biasanya burung akan keseringan nyiblek/ naik turunkan ekornya sambil siul-siul saja.

Yang paling penting dan perlu anda ketahui bahwa untuk perawatan harian kacer tipe dingin memerlukan waktu yang lebih lama terutama pada saat penjemuran, anda harus bisa memahami karakter burung agar tidak salah dalam melakukan perawatan. Kalau burung tidak mau mandi gak apa-apa itu tandanya suhu tubuh burung masih rendah, kalau burung suka nyiblek maka proses penjemuran dilakukan lebih lama.