Apa Benar Memakai Makeup Saat Olahraga Bisa Bikin Jerawatan?

Bagi orang yang termasuk sering pakai makeup saat olahraga, mungkin sudah sering menghadapi dilema ini. Satu sisi ingin tetap tampil cantik di gym, satu sisi lagi khawatir karena kombinasi makeup dan keringat mungkin akan membuat kulit jadi berjerawat. Apakah ini benar?

image

Seorang dermatolog asal New York, Whitney Bowe, menyarankan, lebih baik Anda tidak menggunakan makeup sama sekali ketika berolahraga. Mengapa? Pakai makeup saat olahraga akan membuat pori-pori pada kulit terhalang oleh makeup.

Bayangkan, ketika Anda memakai makeup, kemudian pori-pori Anda tertutup, sementara pori-pori ini fungsinya adalah sebagai jalur keluar keringat yang akan diproduksi ketika Anda berolahraga. Hasilnya, kelenjar, kotoran, dan keringat menjadi tidak bisa keluar dari wajah dan akan menyebabkan timbulnya jerawat, komedo, bahkan iritasi pada kulit.

Boleh pakai makeup saat olahraga, tapi…
Hindari menggunakan maskara dan makeup yang terlalu tebal saat berolahraga. Pada nyatanya, hal terbaik yang bisa Anda lakukan saat berolahraga adalah tidak menggunakan makeup sama sekali. Tapi, kalau Anda tidak nyaman dengan wajah yang telanjang, sekiranya Anda boleh menggunakan makeup tipis dan tidak berlebihan.

Jeannette Graf, asisten profesor dermatologi di Mount Sinai Medical School, menyarankan hal penting pada wanita. Ketika Anda tidak pede tanpa riasan makeup dan tetap ingin berolahraga, Anda bisa memilih makeup dengan kandungan atau tekstur tertentu. Contohnya, gunakan pelembab yang berbahan dasar air untuk mengurangi penyumbatan keringat pada pori-pori wajah. Anda juga bisa memilih bedak berbentuk bubuk atau menggunakan BB cream, mengingat kandungan bahan-bahannya yang tidak “terlalu berat” untuk wajah.

Beberapa faktor lain yang harus dipertimbangkan ketika pakai makeup saat olahraga, adalah upaya untuk melindungi kulit secara efektif. Maksudnya adalah, Anda bisa menggunakan makeup di bagian-bagian tertentu saja pada wajah.

Saat olahraga, hindari menggunakan riasan pada mata. Mengapa? Riasan pada kulit bagian mata cenderung berbahan minyak dan berat kandungan bahannya. Dikhawatirkan, pada mata akan timbul bintik putih kecil yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat.

Sumber: