Apa benar ada Pagoda Emas di Indonesia?

Tak harus jauh-jauh mengunjungi Myanmar jika Anda ingin melihat kemegahan pagoda emas Shwedagon. Di Indonesia ada objek wisata yang memiliki replika pagoda yang tidak kalah megah dengan di Myanmar, dimanakah tempat tersebut?

Terletak di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, Kabupaten Karo, terdapat sebuah destinasi wisata yang bisa membuat Anda terpesona. Destinasi wisata ini adalah Taman Alam Lumbini. Letaknya 50 km dari Medan, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam perjalanan dengan berkendara menuju Berastagi.

Jika Anda sudah sampai di Berastagi, kunjungi Taman Alam Lumbini. Taman seluas tiga hektare ini memiliki beberapa keistimewaan yang bisa menarik wisatawan untuk berkunjung. Replika Pagoda Shwedagon ini merupakan replika tertinggi kedua yang berada di luar Myanmar. Pagoda ini menjadi yang paling tertinggi di Indonesia dan dibuka untuk umum sejak 2010. Tinggi Pagoda mencapai 46,80 meter

Tidak sedikit wisatawan yang berkunjung untuk berfoto selfie. Kemewahan pagoda emas ini membuat wisatawan berburu spot-spot menarik. Untuk menuju pagoda ini, Anda harus melewati sebuah jembatan gantung sebagai infrastruktur penyeberangan yang dipadukan dengan puluhan lentera. Jembatan ini bernama Titi Lumbini. Di bawahnya terdapat taman indah yang ditata cantik.

Sesampai di pagoda, Anda akan disambut pagoda megah yang bercat emas dengan arsitektur indah. Relief-relief unik dan patung-patung Buddha menghiasi bangunan utama pagoda. Terdapat sebuah menara yang memiliki puncak dengan bentuk bekisar. Di bawahnya terdapat hiasan sulur berupa gelang-gelang emas sepanjang 1,5 meter. Di puncak pagoda, terdapat puluhan lonceng yang akan berbunyi ketika tertiup angin.

Berada di sini, seolah akan membuat Anda berada di luar negeri. Untuk berkunjung, traveler harus mematuhi beberapa aturan seperti tidak boleh memotret jika berada di dalam pagoda dan tidak boleh makan atau minum selama berada di area pagoda.

Sumber: