Apa Bahaya Penggunaan Infus Glukosa Untuk Kolibri?

Apa komposisi dari infus glukosa itu sendiri?

Tidak perlu khawatir, pertanyaan tersebut hanya sebuah pertanyaan yang sering timbul di kalangan penghobi kolibri. Bukan berarti bahwa infus glukosa bahaya jika diberikan kepada burung kolibri.

Maka dari itu saya ingin membahasnya biar anda lebih paham tentang infus glukosa ini. Karena selama ini di grup komunitas masih banyak yang berdebat tentang keamanan infus glukosa bagi burung. Banyak dari mereka mengangggap karena ini merupakan produk kimia sehingga berbahaya bagi burung.

Infus glukosa sendiri memiliki komposisi glukosa sebesar 5 % dan air steril atau air yang sudah bebas dari bakteri. Didalam dunia medis infus ini diberikan untuk memenuhi kebutuhan glukosa dalam darah secara cepat.

Sebenarnya fungsinya sama saja dengan kita minum minuman yang manis seperti teh manis. Namun prosesnya pengolahan lebih lambat jika melewati pencernaan tidak seperti lewat infus.

Lalu amankah bagi burung kolibri jika mengonsumsi infus glukosa setiap hari? Jawabannya adalah aman-aman saja, karena di buat dari bahan-bahan yang bersih dan juga digunakan oleh manusia.

Kita jangan terlalu berpikir yang terlalu jauh kalau infus itu di masukan lewat aliran darah maka tidak boleh di konsumsi lewat saluran cerna. Tetapi kita harus tahu apa isi kandungan infus glukosa itu sendiri.

Sebenarnya infus glukosa ini sama saja dengan air putih yang dicampur gula. Perbedaannya hanya pada cara pembuatannya saja. Dimana saat kita membuat air putih manis tanpa menerapkan prinsip steril.

Sedangkan air infus glukosa saat dibuat melalui proses sterilisasi dari bakteri. kenapa harus disterilisasi, karena langsung melewati pembuluh darah dan akan tersebar ke seluruh tubuh.

Justru air infus glukosa terhindar dari bakteri ketika baru saja dibuka atau pertama kali kita berikan ke burung. Jadi jika akan digunakan untuk pakan harian kolibri dipastikan aman-aman saja.

Akan tetapi lebih baik di campur dengan bahan lain seperti susu kental manis, madu. Agar burung tercukupi nutrisinya karena kita tau bahwa infus glukosa hampir sama dengan nektar dimana miskin nutrisi. Maka perlu di mix dengan bahan lain yang mengandung protein agar burung tetap sehat dan gemuk.