Apa bahaya makan buah anggur secara berlebihan?

image

Buah anggur banyak mengandung zat yang sangat dibutuhkan tubuh. Hal yang harus diperhatikan ialah meskipun memiliki banyak manfaat, makan buah anggur secara berlebihan justru akan membahayakan kesehatan Anda.

1 Like

Beberapa masalah yang akan terjadi jika buah anggur dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak sebagai berikut.

1. Mempengaruhi berat badan
Buah anggur ini merupakan buah yang rendah kalori. Namun ketika mengonsumsi buah anggur dalam jumlah yang sangat banyak, maka jumlah kalori yang dikonsumsi pun akan semakin meningkat. Terlalu banyak jumlah kalori yang dikonsumsi akan berpengaruh terhadap pertambahan berat badan.

2. Kelebihan karbohidrat

Anggur merupakan salah satu buah yang mengandung karbohidrat cukup tinggi. Itulah mengapa mengonsumsi anggur dalam jumlah yang berlebihan sama saja dengan mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak. Semakin banyak buah anggur yang Anda konsumsi, maka semakin banyak pula jumlah karbohidrat yang masuk ke tubuh.

3. Menyebabkan masalah pada usus
Salah satu efek samping buah anggur bila dikonsumsi dalam jumlah banyak ialah membuat masalah pada usus. Hal ini karena dengan jumlah buah anggur yang Anda konsumsi sangat banyak, maka sama saja dengan menambah beban kerja dari usus.

4. Menyebabkan alergi
Dalam beberapa kasus, terlalu banyak mengonsumsi buah anggur juga akan menyebabkan munculnya alergi. Buah anggur merupakan salah satu jenis makanan penyebab alergi gatal. Alergi ini muncul ditandai dengan timbulnya bercak merah, kulit menjadi gatal, bersin-bersin, dan gejala lainnya. Dalam kasus berat, alergi ini akan menyebabkan kesulitan bernapas.

5. Menyebabkan gangguan pada pencernaan
Terlalu banyak mengonsumsi buah anggur akan menyebabkan gangguan pada pencernaan. Salah satu gangguan pencernaan yang mungkin akan muncul adalah diare.

6. Menyebabkan diabetes
Buah anggur memiliki kandungan gula cukup banyak. Hal ini tentu akan sangat berbahaya jika Anda terlalu banyak mengonsumsinya. Konsumsi buah anggur dalam jumlah yang terlalu banyak bisa menjadi penyebab munculnya penyakit diabetes.

Referensi:
[1]. https://www.pertanianku.com/bahaya-makan-buah-anggur-secara-berlebihan/

1 Like