Apa arti tepat pada waktunya dari sebuah informasi?

Informasi merupakan hal yang dibutuhkan untuk menentukan sebuah keputusan, jika sebuah informasi terlambat didapatnya apa pengaruhnya pada ketepatan waktu terhadap sebuah informasi ?.

Salah satu Kualitas Informasi adalah tepat pada waktunya. Tepat pada waktunya, berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat. Informasi yang sudah usang tidak akan mempunyai nilai lagi, karena informasi merupakan landasan di dalam pengambilan keputusan, bila pengambilan keputusan terlambat, maka dapat berakibat fatal untuk organisasi.

Saat menganalisis dan merancang sistem informasi, sering sekali ditanya tentang kualitas informasi. Bahkan termasuk dalam tujuan utama yang ingin dicapai tiap kali merancang sistem informasi. Bukan pada kecanggihan sistem, interface yang bagus, atau kompleksitasnya. Sistemnya canggih, interface menarik, kompleks akan menjadi percuma kalau informasi yang dihasilkan tidak berkualitas. Bukankah data-data yang diproses dalam sistem bertujuan untuk menghasilkan informasi yang berkualitas sesuai harapan dan kebutuhan user.

Maksud dari tepat pada waktunya adalah informasi tersebut ketika diperlukan tersedia pada saat itu juga. Jadi informasi tersebut harus fresh atau baru, karena berhubungan dalam pengambilan suatu keputusan ataupun kebijakan. Sebab informasi yang lama atau terlambat berakibat fatal dalam pengambilan suatu keputusan ataupun kebijakan. Saat ini mahalnya nilai informasi disebabkan cepatnya informasi tersebut harus didapat, sehingga memerlukan teknologi mutakhir untuk mendapatkan, mengolah dan mengirimkannya.

Tepat waktu berati informasi yang disampaikan ke penerima tidak terlambat, karena informasi adalah landasan untuk mengambil suatu keputusan. Informasi yang berkualitas tentunya sangat dipengaruhi dari faktor tersebut karena jika informasi tidak tepat waktu ketika dibutuhkan akan sangat berdampak tersendiri. Informasi bisa saja mencelakai atau membunuh seseorang jika tidak tepat waktu. Oleh karena itu informasi sangat penting untuk tepat waktu.