Apa Alasan Anjing Ingin Makanan Lebih?


Pasti kita sering melihat anjing kita mendekati kalau kita sedang makan. Dengan mukanya yang lucu, ia berharap bisa mendapatkan sedikit dari makanan yang sedang kita nikmati. Meskipun dia baru saja memakan Dog Food yang kita berikan belum lebih dari 5 menit yang lalu. Jadi, apa alasan anjing ingin makanan lebih?


Pemakan Segalanya

Ada kemungkinan kalau anjing kita memang suka sekali makan dan akan memakan apapun yang kita berikan kepadanya. Tidak peduli makanan apapun baik itu makanan yang jatuh, makanan kucing, bahkan makanan anjing lain selama hal itu terlihat dapat dimakan olehnya.

Perut yang kenyang bukan berarti ia tidak akan berhenti memakan apalagi jika kita berikan makanan manusia atau makanan yang kita nikmati. Karena anjing kita tanpa disadari tau bahwa Dog Food yang kita berikan tidak selezat dibandingkan makanan yang kita santap.

Berusahalah untuk tidak memberikan makanan manusia terlalu sering kepada anjing. Makanan manusia juga berbeda dengan diet Raw Food khusus untuk anjing. Bahan berbahaya seperti pengawet dan lainnya tidak bagus untuk kita berikan kepada anjing. Selain itu memberikannya makanan lebih hanya akan membuatnya gemuk dan manja. Kita tidak mau anjing kita terlalu manja pastinya.

Makanan yang Kurang

Alasan lain mungkin karena kita tidak memberikannya makanan yang cukup. Semakin anjing kita tumbuh dietnya pun juga akan berubah. Sama juga ketika aktivitas sehari-hari anjing berubah maka ia akan butuh lebih banyak makanan untuk tenaganya.

Untuk contohnya, anggaplah kamu baru saja membawa pulang anak anjing yang baru. Menurut ukurannya dia tidak membutuhkan terlalu banyak Dog Food dan 1Kg Dog Food saja cukup untuk satu minggu. Tetapi semakin besar maka makanan yang ia butuhkan juga akan bertambah dan sekarang 1Kg Dog Food hanya cukup untuk 3 hari. Bukan berarti kita ingin dia gemuk tetapi kita ingin dia tidak kelaparan.

Salah satu fitur paling menonjol adalah jika kita bisa melihat tulang rusuk anjing. Jika ya maka ia kekurangan makan tetapi untuk beberapa ras yang aktif agak sedikit berbeda. Untuk mengetahui berat yang ideal ada baiknya kita konsultasi kepada dokter hewan. Jika kamu tidak bisa melihat tulang rusuknya dan tidak terasa saat kamu cek, maka kemungkinan besar anjingmu sudah gemuk.

Gejala Penyakit

Kemungkinan kecil keinginan untuk makan tersebut disebabkan oleh penyakit. Diabetes dan Hyperthyroidism bisa merusak sistem tubuh anjing dan keinginan untuk makan bisa disebabkan oleh salah satu penyakit itu.

Penyakit Diabetes pada anjing tidak terlalu berbeda dari manusia. Jika anjingmu kekurangan kandungan gula pada darahnya bisa membuatnya bertingkah aneh. Mencari makanan lebih bisa menjadi solusinya karena secara insting mereka mencari gula lebih.

Untuk penyakit Hyperthroidism, ini disebabkan karena adanya masalah pada kelenjar Tiroid anjing. Ketika Tiroid rendah akan menyebabkan peningkatan berat(Hypothyroidism). Jika Tiroid tinggi maka akan menyebabkan kehilangan berat badan dan meningkatnya keinginan makan(Hyperthyroidism). Hanya tes darah yang bisa membuktikan penyakit ini. Sulit untuk diketahui sendiri karena gejalanya mirip dengan beberapa penyakit lain.

Jika kita merasa anjing kita terkena penyakit jangan sungkan untuk kunjungi dokter. Konsultasi juga alasan sebenarnya mengapa anjing kita sering sekali meminta makan. Jika memang ia pemakan berat maka sudah saatnya anjingmu menjalankan program diet