Apa akibatnya jika menahan buang angin atau kentut?

Buang angin atau kentut

Menahan buang angin bisa menyebabkan perut menjadi panas, kembung, dan bahkan gangguan pencernaan. Buang angin itu berarti mengeluarkan gas dari tubuh kita. Jika ditahan, gas akan menumpuk di saluran pencernaan. Akibatnya, udara akan terdorong ke atas dan menyebabkan perut kembung. Apa akibat lainnya ?

Gangguan Pencernaan

Menahan buang angin bisa menyebabkan perut menjadi panas, kembung, dan bahkan gangguan pencernaan. Buang angin itu berarti mengeluarkan gas dari tubuh kita. Kalau ditahan, gas akan menumpuk di saluran pencernaan. Akibatnya, udara akan terdorong ke atas dan menyebabkan perut kembung.

Usus akan Menggelembung

Selain gangguan pencernaan, kalau teman-teman menahan buang angin, usus akan menggelembung seperti balon karena gas yang harus dikeluarkan itu tertahan. Apalagi kalau sampai terbentuk kantong-kantong di usus dan terinfeksi, akibatnya bisa fatal.

Semakin Bau Tak Sedap

Gas yang harus dibuang itu mengandung bau yang tak sedap. Seperti makanan favorit teman-teman yang kalau ditumpuk akan membawa wangi yang enak, buang angin juga begitu. Semakin lama gas itu ditumpuk di dalam tubuh, maka akan semakin bau saat nanti dikeluarkan.

Sumber: