Apa aja kawah-kawah yang masih aktif di Dieng?

Dataran Tinggi Dieng merupakan kawasan vulkanik atau gunung api raksasa yang terletak di antara kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Daerah wisata ini terletak di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dataran Tinggi Dieng tercatat masih memiliki kawah-kawah yang aktif. Apa aja kawah-kawah yang masih aktif di Dieng?

Kawah-kawah yang masih aktif di Dieng ialah Kawah Sikidang. Kawah Sikidang ini merupakan kawah yang paling mudah dijangkau oleh para pengunjung. Kawah ini juga menjadi favorit para wisatawan karena menyajikan pemandangan semburan gas yang keluar dari lubang yang berbeda-beda. Keunikan gas yang keluar dari lubang-lubang yang berbeda inilah yang menjadi dasar dari penamaan Sikidang.

Selain itu ada Kawah Sibanteng, kawah yang pernah meletus pada bulan Juli 2003 ini terletak di desa Dieng Kulon. Kawah ini pernah ditutup selama beberapa hari untuk umum karena letusannya yang sangat berbahaya. Pada 2009 pun Kawah Sibanteng ini kembali meletus sehingga menyebabkan longsor di daerah sekitarnya.

Selain kawah di atas, kawah-kawah lainnnya yang terdapat di Dieng ini adalah Kawah Sinila, Kawah Sileri dan Kawah Timbang.

Sumber: