Akankah Panda menghilang dari alam ? : 1st Siena International Photo Award 2017 kategori Storyboard

PANDAS GONE WILD









Author : Ami Vitale (US)

Di daerah di mana berita tentang kerusakan lingkungan adalah hal yang umum, Giant Panda mungkin terbukti menjadi pengecualian karena ketekunan dan upaya para ilmuwan dan konservasionis Tiongkok. Dengan membiakkan dan melepaskan panda, menambah populasi yang ada, dan melindungi habitat, Cina sedang dalam perjalanan untuk menyelamatkan duta besarnya yang paling terkenal dan dalam proses untuk mengembalikan satwa liar menjadi ikon negara.

Pada 4 September, panda raksasa tidak lagi ada dalam daftar spesies yang terancam punah. Ye Ye, panda raksasa berusia 16 tahun, duduk-duduk di kandang liar di pusat konservasi di Cagar Alam Wolong. Namanya, yang karakternya mewakili Jepang dan Cina, merayakan persahabatan antara kedua negara. Anak laki-laki Ye Ye, Hua Yan (Pretty Girl) sedang dilatih untuk dilepaskan ke alam liar.

Apakah anak panda tertipu oleh baju panda?

Itulah harapan dari pusat Hetaoping Wolong, tempat pelatihan penangkaran panda untuk dapat hidup di alam liar, agar panda relatif terlindung dari kontak manusia, bahkan selama pemeriksaan langsung yang jarang dilakukan.

Zhang Hemin - “Papa Panda” - berpose dengan anaknya yang lahir pada tahun 2015 di Pangkalan Bifengxia Panda.

“Beberapa orang lokal mengatakan panda raksasa memiliki kekuatan sihir,” kata Zhang, yang mengarahkan banyak upaya konservasi panda China.

“Bagi saya, mereka hanya mewakili keindahan dan kedamaian.”

Di Bifengxia, beruang berjodoh di bawah pengawasan penjaga - jauh dari privasi yang mereka miliki di alam liar. Operator panda sedang mencari cara untuk memungkinkan perilaku reproduksi alami seperti penandaan aroma, pilihan pasangan, dan persaingan antar jantan.

Buta, hampir tak berambut, melengking, dan ukuran 1/900 induknya, seekor panda baru lahir. Tapi kondisi itu tidak akan lama: panda adalah salah satu mamalia yang tumbuh paling cepat, meningkat dari sekitar empat ons menjadi empat pon pada bulan pertama.

Anak panda berusia tiga bulan tidur siang di kamar bayi panda di Bifengxia. Seorang ibu panda yang melahirkan anak kembar biasanya gagal memberi mereka perhatian yang sama. Penjaga mengurangi beban dengan menukar secara teratur. Di alam liar, begitu mereka beranjak dewasa, panda betina dapat memiliki berat hingga 220 pound dan jantan hingga 250 pound, dan panjangnya berkisar antara empat hingga enam kaki.

Penjaga Panda melakukan pemeriksaan kesehatan pada panda raksasa bernama Hua Jiao (Delicate Beauty) sebelum dia menyelesaikan ‘latihan musim dingin’ di pusat Holonging Wolong yang merupakan bagian dari Pusat Penelitian dan Konservasi Tiongkok untuk Panda Raksasa di Provinsi Sichuan, Cina.

Panda harus dilatih untuk hidup di alam liar dan tidak boleh terbiasa melihat manusia. Bahkan pengasuh yang membersihkan kandang binatang mengenakan kostum yang membuat mereka terlihat (dan berbau) seperti panda. Disamarkan oleh semak bambu, seekor panda raksasa akan menghabiskan sebagian besar hari-harinya mengunyah makanan favoritnya di Bifengxia. Setidaknya dua juta tahun yang lalu, pola makan mereka berubah menjadi bambu.

Gao Xiaowen berpose dengan boneka macan tutul yang digunakan penjaga Wolong untuk melatih panda muda untuk takut akan musuh liar terbesar mereka. Reaksi anaknya terhadap “predator” dan geramannya yang terekam membantu menentukan apakah beruang siap untuk bertahan hidup sendiri.