Air Terjun Tertinggi di Nusantara

Indonesia memiliki banyak destinasi wisata air terjun. Mulai dari Sabang hingga Merauke, destinasi wisata semacam ini tersebar di segala penjuru. Karakternya pun beragam. Air terjun dengan debit air yang deras, air panas, hingga berundak. Dimana saja air terjun tertinggi di Nusantara?

1. Air Terjun Sigura-gura

Datang ke tempat ini seperti masuk hutan hujan tropis yang berada di Amazon. Sekeliling air terjun dihiasi tebing dan tumbuhan liar yang tumbuh segar. Air Terjun Sigura-gura merupakan arus dari Sungai Asahan yang bersumber di Danau Toba. Destinasi dengan tinggi 250 meter ini terletak sekitar 250 km dari Kota Medan.

2. Air Terjun Madakaripura

Air terjun yang dikenal sebagai tempat bertapa Patih Gajah Mada pada zaman dahulu ini terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Selain itu, Madakaripura juga masuk dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun yang berada di balik gua dan tebing ini memiliki tinggi hingga 200 meter.

3. Air Terjun Payakumbuh

Payakumbuh berada 35 kilometer dari Kota Bukittinggi. Terletak di kawasan Lembah Harau, membuat tempat ini memiliki suasana yang masih asri. Sekelilingnya dihiasi dengan tebing tinggi yang menyerupai tembok. Air terjun yang sering dipenuhi oleh sekumpulan kupu-kupu ini memiliki tinggi sekitar 150 meter.

4. Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun ini terletak di Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Karo. Lokasinya cukup menarik, terletak di dalam tebing yang melingkar. Tingginya mencapai 120 meter dengan debit air yang cukup deras. Pepohonan pinus yang rimbun di sekitarnya membuat tempat ini masih terasa begitu asri.