Air, Sayur, dan Buah untuk Kesehatan Gigi & Mulut

Tubuh manusia banyak mendapatkan nutrisi dan energi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Tanpa kita sadari, asupan sehari-hari seperti air putih, sayuran dan buahan sebenarnya berperan penting juga untuk menjaga kesehatan gigi & mulut loh.

Air putih adalah salah satu asupan yang sudah sangat diketahui manfaatnya. Mulai dari membantu mengatur jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, menjaga fungsi ginjal, hingga membuat kulit terasa tetap lembap dan kenyal. Sistem peredaran darah pun akan terjaga kelancarannya dengan rajin mengkonsumsi air putih, dan bisa membantu mengobati sakit kepala dan migrain. Air mineral juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan gigi, cairan ini bisa membantu membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang menempel. Selain itu, banyak mengkonsumsi air putih juga bisa menjaga produksi saliva, atau air ludah, sehingga kebersihan di dalam mulut akan selalu terjaga.

Selain air putih, banyak mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin C juga akan membantu menjaga kesehatan gusi, yaitu dengan cara memperkuat pembuluh darah jaringan ikat gusi, yang akan menahan gigi di rahang sehingga tidak mudah tanggal. Lalu, yang sudah umum diketahui adalah sering mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin C bisa membantu menghindari radang gusi atau gusi berdarah. Untuk memperkuat gigi, kalsium adalah jawabannya. Nutrisi ini banyak ditemukan di susu dan produk-produk olahannya, seperti keju.

Sayuran mungkin menjadi musuh anak-anak saat makan, namun yang tidak mereka ketahui adalah makanan ini mengandung nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, begitu juga dengan buah-buahan. Mengkonsumsi buah setelah makan bisa membantu membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari makanan sehari-hari, yang perlu kita ingat adalah mengaturnya agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan berimbang, dan tetap bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi, gusi dan mulut.

http://ciptadent.co.id/air-sayur-dan-buah-untuk-kesehatan-gigi-mulut/