Adakah yang perlu dipertimbangkan sebelum merakit model kit plastik?

Adakah yang perlu dipertimbangkan sebelum merakit model kit plastik?

1 Like

Sebelum memulai hobi rakit model plastik, ada baiknya anda mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut

  • Pilih model mana yang sesuai dengan hobi anda sebelumnya. Bila anda berlatar belakang teknis, suka teknologi, punya keingintahuan yang kuat tentang cara kerja alat maka model pesawat, kapal, kereta api, otomotif, Star Trek dan robot Jepang bisa jadi pilihan tepat. Bila anda tidak suka rumitnya mesin maka model kit figure arts seperti figur Superman, Spiderman atau tokoh final Fantasy mungkin lebih cocok.
  • Siapkan minimal dana untuk model kit, alat rakit sederhana dan lem super. Alat rakit sederhana yang diperlukan seperti pemotong (cutter), pinset untuk memegang komponen kecil dan lem super untuk merekatkan kembali komponen yang patah.
  • Pertimbangkan harga model yang akan dipilih, misalkan untuk model robot tersedia Armored Core, Gundam, LBX dan lain-lain. Harga model Armored Core sekitar 2 kali harga Gundam. Harga LBX sekitar 1-1,5 kali harga Gundam. Semua untuk ukuran yang kira-kira setara. Harga sangat menentukan jumlah komponen, detil dan kerumitan rakit. Untuk Gundam terdapat level Super Deformed (SD) Grade , Entry Grade (EG), High Grade (HG), Real Grade, Master Grade (MG), Perfect Grade (PG) dan Mega Size. SD adalah yang paling kecil, Mega Size ukuran terbesar. Harga model SD sekitar 50 ribu sampai 100 ribu rupiah. Harga HG berkisar antara 100-250 ribu rupiah. RG 300 ribu rupiah. MG antara 350 ribu sampai 600 ribu rupiah. PG antara 1 juta - 3,5 juta rupiah.
  • Pilih kualitas bahan apa yang tepat. Untuk pemula pilih saja bahan plastik biasa. Model dengan versi bahan dari Resin, Metal Looks, Titanium Looks atau Metal Parts membuat harga total model kit bisa sangat mahal sampai lebih dari 3 kali lipat.
  • Perhatikan level keterampilan. Cermati buat siapa model ditujukan, minat, hobi dan sejarah.
  • Sesuaikan dengan minat pribadi. Bila anda tidak suka perang tentunya jangan paksakan membeli model tank atau robot perang walaupun teman-teman anda suka.
  • Sesuaikan dengan mood dan kebiasaan.
  • Sesuaikan dengan ornamen yang sudah ada. Akan sedikit aneh melihat sebuah robot Gundam di antara sekumpulan model kit superhero.
  • Sebaiknya anda mengetahui sejarah model kit. Anda perlu tahu apa yang membuat istimewa model kit yang akan anda beli.