Adakah tips sederhana agar bisa menabung untuk berlibur?

travelling

Traveling saat ini menjadi salah satu kebutuhan yang wajib dilakukan minimal setahun sekali. Buat kamu-kamu yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, treveling bisa membuat kita fresh segar lagi dan siap tancap gas dengan berbagai aktivitas harian kita. Bahkan, traveling bisa buat produktivitas kita meningkat dari sebelumnya. Biar bisa treveling, kita perlu menyisihkan sedikit uang demi bisa berpergian ke berbagai tempat seru nan indah di berbagai penjuru Indonesia, bahkan dunia. Adakah tips sederhana agar bisa menabung untuk berlibur?

Tips sederhana berikut ini agar kamu bisa menabung untuk berlibur:

  1. Kurangi uang makan
    Berapa uang yang kamu keluarkan untuk makan siang setiap harinya? 20 ribu? 30 ribu? atau mungkin 50 ribu? Gimana kalau uang-uang itu kamu tabung aja setengahnya? Bangun lebih pagi dari biasanya dan mulailah siapkan bekal untuk makan siang. Hal ini bisa membantu untuk menyisihkan sebagian uang kamu. Ingat, semua ini kamu lakukan demi bisa liburan.

  2. Kurang keluar nongkrong bareng teman
    Percaya atau nggak, pengeluran di sektor ini yang kadang suka bikin kantong jebol dan berdampak pada gagal treveling. Buat kamu yang suka banget kongkow bareng teman tapi lagi ada rencana buat treveling dalam 3 bulan kedepan, mulailah untuk mengurangi kebiasaan nongkrong bareng teman ini. Mungkin sesekali bisa diganti di rumah salah satu teman atau rumah kamu sendiri. Lumayan kan uang yang tadinya buat beli makanan atau minuman bisa ditabung.

  3. Kurangin nonton di bioskop
    Sabar, ingat tujuan utama kamu yang ingin treveling. Mending ditabung uangnya. Untuk mengobati rasa kangen kamu untuk nonton film, kamu bisa lho menonton filmnya secara online di rumah. Lumayan kan, nonton di rumah bisa sambil makan masakan mama. So, kamu nggak perlu keluar banyak uang, deh!

  4. Naik angkutan umum
    Buat kamu yang merasa terbantu banget dengan adanya transportasi online, coba mulai lupakan sejenak dan beralihlah ke angkutan umum, contohnya adalah Transjakarta atau bus kota. Kamu cukup sekali mengeluarkan uang untuk bisa sampai ditujuanmu di Jakarta. Biayanya murah banget, nyaman, dan cepat sampai tujuan. Uang yang biasa kamu alokasikan buat naik transportasi online bisa ditabung, deh.

  5. Berhenti merokok
    Buat yang satu ini kayanya bakal banyak keuntungan yang kamu dapet selain bisa nabung. Buat kesehatan pastinya akan sangat berpengaruh banget, selain itu kita bisa mengurangi resiko pengeluaran yang lebih besar akibat rokok. Kalau kamu lakuin hal ini, dampaknya bakal postif banget buat keuangan.

Sumber: