Adakah tips mendapatkan tiket pesawat murah walau tidak promo?

tiket pesawat murah

Mahalnya tiket pesawat kadang dipermasalahkan oleh segelintir orang. Semenjak mulai ditetapkannya peraturan baru oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengenai batas penawaran harga terendah tiket pesawat dari maskapai, membuat para penumpang ketar-ketir menanggapi kebijakan tersebut. Namun dengan ketiadaan promo, bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan tiket murah. Dari rangkuman berbagai sumber, adakah tips mendapatkan tiket pesawat murah walau tidak promo?

1. Pesan tiket jauh-jauh hari
Biasanya maskapai memiliki harga khusus ketika kamu memesan tiket jauh-jauh hari. Hal ini dikarenakan sistem booking, biasanya untuk memebuhi kuota agar tidak tersisa di hari keberangkatan.

2. Pesan tiket lewat aplikasi online
Semakin berkembangnya zaman, semakin canggih pula teknologi yang ada. Banyak pilihan aplikasi travel yang menyediakan jasa pembelian tiket secara online. Merekapun banyak memberikan diskon yang harganya memiliki selisih yang cukup signifikan. Kamu bisa membandingkan harga tiket pesawat antara penyedia satu dengan penyedia lainnya lewat aplikasi ini secara real time.

3. Pelajari tren promo berbagai maskapai
Ikuti newsletter maskapai dan follow akun media sosial mereka. Pelajari waktu maskapai-maskapai itu mengeluarkan promo dan jenis promonya. Dari hal kecil ini, kamu akan tahu secara real time ada promo apa saja. Ketika kamu menemukan tiket yang tampak murah, kamu bisa menimbang-nimbang apakah ini adalah saat yang tepat untuk membeli tiket atau tidak. Kamu juga akan tahu periode promo selanjutnya akan segera tiba.

4. Perhatikan tujuan destinasi
Tujuan menentukan waktu terbaik membeli tiket untuk mendapatkan harga termurah. Jika rute pilihanmu adalah rute yang banyak dilayani maskapai (terutama maskapai budget rendah), seperti Singapura, Kuala Lumpur, Bali, Yogyakarta, dan Surabaya, maka kamu harus pintar-pintar membaca harga, karena harganya cenderung fluktuatif. Jadi, jika kamu menemukan satu harga yang kamu pikir harga termurah, maka saya sarankan agar kamu membeli tiketnya saat itu juga.

5. Pilih hari pergi dan pulang yang sesuai
Musim liburan, long weekend, dan akhir pekan memiliki harga tersendiri. Biasanya tiket. selalu mahal di masa-masa itu. Jadi, coba liburan di periode low-season, seperti bulan September-November dan Februari-April. Selain itu, hari keberangkatan dan kepulangan juga menentukan harga tiket yang akan kamu beli. Kombinasi Jumat-Minggu, Jumat-Senin, Sabtu-Minggu, atau Sabtu-Senin adalah kombinasi termahal. Jika kamu ingin mencari harga murah dan ingin mengakali jumlah cuti kantor, saya sarankan untuk mencoba kombinasi Selasa-Kamis, Rabu-Jumat, Sabtu-Selasa, dan Minggu-Rabu.

Sumber: