Adakah tips hemat untuk berlibur ke Bali?

Bali dengan sejuta pesonanya memang telah menarik minat para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri, itu sebabnya harga-harga di sana menjadi serba mahal. Namun, apakah ada tips liburan hemat ke Bali?

Tips liburan hemat ke Bali yang bisa kamu coba berikut ini:

  • Kumpulkan informasi wisata
    Memiliki informasi mengenai tempat wisata yang akan dituju membuat kamu tidak perlu menyewa seorang pemandu wisata. Makanya, usahakan untuk mengumpulkan info sebanyak mungkin tentang info lokasi wisata, harga tiket masuk, letak hotel menginap dan tempat makan murah melalui internet sebelum ke Bali.

  • Cari promo tiket pesawat murah
    Jangan malas mencari promo tiket pesawat ke Bali. Baca baik-baik promo yang ditawarkan dan jangan lupa pakailah kode vouchernya. Pilihlah jadwal penerbangan malam hari yang lebih murah dibandingkan penerbangan saat siang atau pagi hari. Selain itu, menghindari membeli tiket untuk hari libur adalah tips hemat liburan ke Bali yang perlu kamu coba.

  • Sewa kendaraan di Bali
    Menyewa motor atau mobil adalah tips hemat liburan ke Bali yang akan memangkas pengeluaranmu dibandingkan jika kamu harus naik taksi ke mana-mana. Perlu diingat jika tarif taksi di Bali jauh lebih mahal dibandingkan kota lainnya. Sewalah motor untuk beberapa hari sekaligus, kamu cukup meninggalkan KTP untuk jaminan dan membayar sekitar 200 ribu per hari. Kalau sudah begini, kamu bisa keliling Bali sepuasnya tanpa harus mengeluarkan ongkos lagi,

  • Sewa hotel murah
    Jangan ragu untuk mencari hotel yang murah di sana, seperti kawasan sekitar Jalan Poppy Lane dan Jalan Legian yang terkenal memiliki hotel-hotel dengan harga miring, mulai dari Rp 100 ribu hingga 300 ribuan. Tidak perlu khawatir, karena fasilitas penginapan di sana cukup oke, atau kamu bisa mencari kos-kosan di rumah penduduk dengan harga cukup murah hanya berkisar 100 ribuan per malamnya.

  • Destinasi wisata murah dan gratis
    Siapa sangka ternyata ada juga pilihan tempat wisata di Bali yang murah bahkan gratis. Seperti di daerah Karangasem yang bernama Pura Besakih, Bukit Jambul, Tirta Gangga, Labuan Amuk, yang menerapkan harga tiket masuk antara 5000-15.000 rupiah saja. Tak perlu khawatir, masuk ke tempat wisata pantai, karena hampir semua pantai di Bali gratis tiket masuknya.

  • Makan di kedai atau warung
    Biasanya, biaya untuk makan selama liburan adalah hal yang paling tidak terduga diantara daftar pengeluaran yang lain. Pilihlah warung atau tempat makan biasa tempat para pelancong makan. Hindari makan makanan hotel yang sudah pasti harganya bisa dua kali lipat harga normal. Perut kenyang, hati senang, kantong tenang.

  • Jangan bepergian di musim liburan
    Musim liburan seperti saat Idul Fitri, hari libur nasional, liburan akhir tahun atau liburan sekolah akan membuat Bali makin dipenuhi oleh turis. Carilah hari-hari biasa saat ke sana untuk menghindari naiknya harga pesawat, harga kamar hotel dan makanan. Oh iya, kalau mau lebih hemat, coba ke Bali saat weekdays, terutama hari Selasa dan Kamis ya, karena konon harga tiket pesawatnya akan jauh lebih murah.

  • Membeli souvenir di pasar seni.
    Pasar adalah tempat jualan barang-barang yang murah dibandingkan dengan toko-toko souvenir di pinggir jalan, belilah souvenir di pasar seni. Beberapa pasar seni di Bali yang bisa kamu kunjungi adalah Pasar Seni Sukawati, Pasar Seni Tanah Lot, dan Pasar Kumbasari yang menjual pernak-pernik khas Bali dengan harga miring, apalagi kalau kamu jago menawar.

  • Membawa bekal sendiri
    Membawa bekal adalah tips hemat berlibur di Bali yang cerdas. Bawalah makanan ringan, mie gelas, susu cair, atau teh celup ke tempat wisata. Di sana, kamu akan jauh menghemat pengeluaranmu untuk membeli makanan. So, kamu bisa mengalokasikan uangmu untuk hal yang lainnya.

Sumber: