Adakah tanaman herbal untuk mengobati bisul?

Bisul dapat mengganggu penderitanya karena di area inflamasi akan terasa nyeri. Adakah tanaman herbal untuk mengobati atau mengatasi bisul yang mengganggu?

image

Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa anda anda manfaatkan sebagai obat penghilang bisul di wajah dan bagian tubuh lainnya.

  1. Bawang putih

Rempah alami yang satu ini memiliki kandungan antibiotik yang sangat membantu dalam penyembuhan bisul. Adapun untuk perawatan bisul sendiri, terlebih dahulu anda bisa mengupas bawang putih, cuci bersih dan kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu, tempelkan tumbukan bawang putih tersebut pada kulit yang bisulan secara merata. Meski akan terasa sangat perih, namun harus anda tahan karena ini adalah bagian dari proses kesembuhan.

  1. Susu

Selain sangat bagus untuk di jadikan minuman kesehatan, pada pengobatan tradisional kuno dulu ternyata susu juga sering kali di manfaatkan untuk pengobatan bisul. Caranya sendiri, cukup dengan memanaskan setengah gelas air dan susu serta menambahkan 3 sendok garam ke dalamnya hingga mendidih. Kemudian oleskan campuran tersebut pada bisul anda. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa mengulangi cara tersebut beberapa kali dalam sehari. Bahkan jika menginginkan hasil yang lebih efektif lagi, tambahkan bubuk cuka dan kunyit masing-masing sebanyak 1 sendok teh ke dalam ramuan tersebut.

  1. Sari cuka apel

Obat alami hisul lainnya adalah dengan menggunakan sari cuka apel. Kandungan disinfekstan alami yang terkandung di dalamnya dapat membersihkan infeksi dari bisul. Adapun cara pemanfaatannya adalah dengan mencelupkan bola kapas ke dalam sari cuka apel dan tekan secara lembut pada area bisul. Lakukan proses ini secara berulang agar terhindar dari infeksi berlebih yang di timbulkan oleh bisul.

  1. Kunyit

Kandungan antiinflamasi yang terdapat di dalam kunyit menjadi alasan mengapa kunyit sangat bagus di jadikan sebagai obat alami bisul. Adapun cara pemanfaatannya sendiri adalah dengan mencampurkan segelas air hangat dengan 1 sendok makan kunyit bubuk. Dan konsumsi ramuan ini sebanyak 3 kali dalam sehari. Selain itu, alternatif lainnya adalah dengan membuat adonan bubuk jahe dan bubuk kunyit, dan mengoleskannya secara langsung pada bisul. Lakukan cara ini secara teratur hingga sembuh.

  1. Daun sirih

Bahan alami yang satu inipun dapat di gunakan untuk mengobati bisul. Kandungan antibakteri yang terdapat di dalamnya di ketahui sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri agar tidak memperparah peradangan pada bisul, baik selama berupa benjolan kecil (belum pecah) maupun setelah pecah. Adapun cara memanfaatkannya sendiri adalah dengan menumbuk beberapa lembar daun sirih yang telah di bersihkan sebelumnya, kemudian tempelkan pada bagian daerah bisul. Untuk hasil yang lebih efektif lagi, balut daerah bisul yang telah menggunakan daun sirih tersebut dengan menggunakan kain kasa atau kain bersih selama beberapa saat.

  1. Bayam duri

Kandungan yang terdapat di dalam daun bayam duri ini mampu mengatasi rasa nyeri, perih, dan juga panas akibat peradangan yang di sebabkan oleh bisul. Adapun cara pemanfaatannya adalah dengan menyiapkan terlebih dahulu 3-5 lembar daun bayam duri dan 1/2 sendok garam halus. Remas daun bayam bersamaan dengan garam hingga hancur Tempelkan ke area bisul secara merata Kemudian diamkan kurang lebih selama 1-2 jam, yang di akhiri dengan membilasnya menggunakan air hangat.

  1. Lidah buaya

Obat ampuh alami lainnya untuk mengatasi bisul adalah dengan menggunakan lidah buaya. Di dalamnya di kenal memiliki berbagai kandungan mulai dari vitamin, mineral hingga antioksidan yang dapat mempercepat penyembuhan bisul. Adapun untuk pemanfaatannya sendiri, bisa langsung dengan membubuhkan daging lidah buaya pada area bisul secara terus menerus.

  1. Sosor bebek

Tanaman hias yang telah banyak di gunakan dalam pengobatan tradisional berbagai penyakit ini juga sangat baik di gunakan dalam membantu pengobatan bisul. Adapun cara penggunaannya yang tepat adalah dengan menumbuk 6 helai daun sosor bebek yang telah di cuci bersih hingga lembut. Lalu beri air dan garam secukupnya. Oleskan pada bagian kulit yang terkena bisul lalu balut. Ganti 2 kali sekali hingga sembuh.

  1. Mentimun dan biji pala

Untuk memanfaatkan bahan alami ini untuk mengempeskan bisul, anda bisa mengupas terlebih dahulu mentimun dan parut hingga lembut dan tambahkan beberapa biji pala. Setelah itu bungkus dengan menggunakan daun pisang dan panggang selama beberapa menit. Setelah itu, angkat dan biarkan hingga hangat. Nah, parutan yang di panggang tadi kemudian tempelkan pada bagian bisul dan tutup dengan menggunakan perban, untuk menjaga ramuan tetap terjaga pada daerah area bisul.

  1. Bawang merah

Selain bawang putih, bawang merah juga nyatanya bisa di manfaatkan sebagai obat untuk mengobati bisul agar cepat kering. Adapun cara memanfaatkannya adalah dengan cara siapkan 1-2 siung bawang merah, parut dan tempelkan pada area kulit yang bisulan. Selain bisul ramuan ini juga sangat baik di gunakan untuk mengobati luka borok agar cepat kering dan tidak terjadi infeksi.

Sumber : Obat herbal untuk bisul