Adakah solusi atasi gigi patah dan terasa ngilu hingga sakit kepala

gigi patah

Adakah solusi atasi gigi patah dan terasa ngilu hingga sakit kepala? Pertolongan seperti apa yang dapat dilakukan untuk mengatasinya?

Gigi patah seringkali terjadi tanpa kita sadari. Gigi patah bisa terjadi karena beberapa hal, seperti menggigit benda yang keras dan kondisi gigi yang rapuh. Biasanya, Anda menyadari bahwa gigi Anda patah saat merasakan sesuatu yang keras ada di dalam rongga mulut Anda dan tidak bisa lumat saat dikunyah.

Untuk menangani kondisi gigi yang patah, berikut ini yang dapat Anda lakukan:

  1. Segeralah periksakan kondisi gigi Anda yang mengalami trauma ke dokter gigi sebelum terjadi keusakan lebih lanjut atau infeksi

  2. Jika timbul rasa sakit pada gigi, segera konsumsi acetaminophen atau obat penghilang rasa sakit lainnya. Berkumurlah dengan air garam.

  3. Jika patahan gigi yang tersisa di mulut tajam atau memiliki angle yang miring dan dapat melukai, tutupi bagian bekas patahan dengan permen karet tanpa gula agar tidak melukai lidah maupun dinding rongga mulut.

  4. Jika sesudah gigi patah Anda diharuskan makan, pilihlah makanan yang lunak dan jangan menggunakan bekas patahan gigi untuk menggigit atau mengunyah.