Adakah obat-obat herbal untuk menyembuhkan demam ?

Demam adalah penyakit yang sering sekali mengenai kita, karena lemahnya tubuh kita seringkali demam menyerang. Apakah ada obat-obat herbal untuk menyembuhkan demam ini ?

1 Like

Beberapa obat demam tradisional yang dapat digunakan sebagai alternatif mengatasi demam ringan, yaitu :

Jahe
Untuk mengatasi demam ringan, Anda dapat mengonsumsi jahe. Selain mampu mengatasi demam, kandungan antibakteri pada jahe juga mampu melawan penyakit lainnya seperti batuk.

Pegagan
Tanaman dengan nama latin Centella asiatica ini direkomendasikan untuk demam, serta berbagai pengobatan kulit seperti luka, kusta, lupus, tukak varicose, eksema, dan psoriasis. Namun pegagan sebaiknya tidak dikonsumsi oleh wanita hamil. Belum ada penelitian yang cukup mengenai tingkat toksisitas dan jumlah konsumsi yang aman untuk herba ini.

Sambiloto
Tanaman dengan nama latin Andrographis paniculata ini, sering digunakan demam sekaligus mengatasi pilek dan flu. Selain itu, sambiloto juga dikenal dapat membantu kondisi sakit tenggorokan, batuk, diare, kontipasi, sakit perut dan sinusitis.

Ginseng
Ginseng merupakan salah satu tanaman herba yang mendunia. Ginseng terbagi menjadi dua jenis yaitu gingseng Asia dan Amerika. dengan kandungan dan khasiat yang berbeda. Ginseng Amerika dianggap dapat membantu mengatasi demam serta pilek dan flu. Selain itu, ginseng jenis ini juga dapat membantu gangguan tidur, anemia, nyeri saraf hingga mengatasi penuaan diri.

Langkah Pendukung Menurunkan Demam di Rumah
Selain mengonsumsi obat demam tradisional, Anda juga dapat mengatasi demam di rumah dengan cara:

Perbanyak minum
Demam dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan dan mengalami dehidrasi. Pastikan asupan cairan yang dibutuhkan tubuh tercukupi dengan baik,dengan mengonsumsi air putih, jus atau sup kaldu. Jika demam dialami oleh anak dibawah usia 1 tahun, berikan larutan rehidrasi yang diminum. Konsultasikan dengan dokter sebelum memberikannya pada anak.

Istirahat yang cukup
Aktivitas dapat menaikkan suhu tubuh Anda, karena itulah, dianjurkan untuk mengurangi aktivitas dengan beristirahat yang cukup agar tubuh dapat segera kembali pulih.

Mandi dan kompres
Mandi menggunakan air hangat atau lakukan kompres dingin untuk memberikan rasa nyaman saat mengalami demam.

Konsumsi makanan yang mudah dicerna.
Sup ayam yang hangat merupakan salah satu pilihan makanan yang ringan untuk dicerna perut ketika sakit. Pasangkan dengan roti bakar yang bisa mengusir lapar.

Referensi