Adakah cara untuk bekerja secara efisien?

Bekerja dapat menjadi sesuatu hal yang membosankan untuk dilakukan. Lalu adakah cara-cara atau tips untuk menghindari rasa kebosanan sehingga kita dapat bekerja secara efisien setiap saatnya? :slight_smile:

3 Likes

Bekerja adalah sesuatu yang seharusnya dapat anda nikmati setiap harinya, karena bekerja akan menghabiskan sebagian waktu anda, bukan? Meski akan terdapat banyak hal dimana anda harus bekerja dengan keras. Namun anda tidak perlu merasa takut untuk bangun pagi dan berangkat bekerja.

Berikut ini adalah tips-tips yang dapat kita lakukan untuk bekerja secara efisien:

Bekerja lebih sedikit
Bukan dengan maksud bahwa anda harus mengurangi porsi bekerja anda. Namun yang perlu anda lakukan adalah membatasi pekerjaan anda. Cobalah untuk mengerjakan sesuatu yang bersifat kecil namun menguntungkan. Seperti contoh, manakah 20% dari sumber pekerjaan anda yang mampu menghasilkan total 80% keuntungan?

Buatlah pekerjaan anda menyenangkan

  1. Rubahlah pemandangan anda. Misalnya mengadakan rapat atau makan siang bersama dengan rekan sekantor bersama-sama di luar kantor.

  2. Mendengarkan musik ketika suasana kantor sedang ramai untuk menjaga mood anda dengan baik, dan membuat anda lebih produktif.

  3. Membuat ruang bekerja anda menjadi sebuah tempat yang nyaman untuk digunakan. Anda dapat menaruh tanaman, kesenian, foto, mainan, atau apapun yang membuat anda nyaman bekerja.

Carilah hari yang tepat untuk fokus
Tidak setiap hari anda akan dapat berfokus pada sesuatu yang sangat serius. Mungkin anda dapat sepenuhnya serius untuk mengerjakan sesuatu pada sore atau malam hari, maka lakukanlah. Lakukan hal tersebut untuk mengisi atau menyelesaikan tugas-tugas yang membutuhkan fokus tinggi dari anda.

Jangan membuang-buang waktu anda
Jangan ikut pada sebuah rapat yang tidak jelas kapan dan berapa lama akan berlangsung. 9 dari 10 orang yang masuk ke ruangan rapat akan melamun karena isi rapat yang membosankan dan tidak penting. 50% karyawan menyatakan bahwa rapat merupakan hal yang kurang produktif.

Jangan terlalu larut pada tugas yang berat
Tugas berat cenderung akan menyita banyak waktu anda. Ketika anda telah duduk lama selama 2 hingga 3 jam, cobalah untuk merefresh otak anda dengan mengerjakan tugas yang ringan.

Sumber:

4 Likes

Bekerja secara efisien adalah hal yang baik, terutama jika kamu memiliki jam kerja yang padat. Hal ini sering dilupakan banyak orang, tentang pengaturan waktu mereka dan tugas yang menumpuk. Namun disisi lain jika seseorang bisa bekerja secara efisien maka, semua dapat diatasi.

Beberapa cara bekerja secara efisien;

Jangan multitasking
Banyak orang merasa mereka dapat menjalankan berbagai macam tugas dalam satu hal. Namun hal tersebut bukanlah pemikiran yang baik. Cobalah untuk memfokuskan pekerjaan pada satu hal terlebih dahulu, dan dilanjuti dengan tugas lainnya. Buatlah kerangka tugas apa saja yang akan anda kerjakan secara berurutan. Jangan sampai anda mengerjakannya secara bersamaan.

Buatlah "to-do-list"
Bautlah rancangan kegiatan apa saja yang akan anda lakukan. Buatlah runtutan pekerjaan anda sebaik mungkin. Ini memungkinkan anda agar dapat menyelesaikan tugas dengan mudah, karenan anda tahu mana yang harus anda selesaikan terlebih dahulu. Dengan adanya β€œto-do-list” anda juga harus mengerti kapan anda memerlukan istirahat. Bekerja seharian di meja kerja dapat menyebabkan anda lebih merasa lelah dan dapat membatasi gerakan anda. Lakukan sesi istirahat anda pada selah-selah pekerjaan anda, ini dapat membantu mengurangi lelah, stress, dan juga membantu anda untuk produktif dalam bekerja.

Tetap jaga kebersihan
Menjaga kebersihan tempat anda bekerja adalah salah satu faktor utama yang membuat anda bekerja secara efisien. Dengan tempat kerja yang bersih dan tertata rapi, anda bisa fokus dalam bekerja. Lain halnya dengan tempat kerja yang tidak tertata dan kotor. Ini dapat mempengaruhi fokus, sehingga anda tidak dapat bekerja secara maksimal.

sumber :

[spoiler]* http://www.inc.com/kevin-daum/8-things-really-efficient-people-do.html

4 Likes

Bekerja secara efisian menurut saya adalah bekerja dengan baik, dan menyelesaikan sebuah tugas dengan baik, dalam hal waktu maupun kualitas.

Ada banyak cara sebenarnya yang dapat dilakukan untuk menambah efisiensi kerja kita. Sama seperti yang telah disebutkan oleh @riskurr dan @Buana_Randa adalah beberapa cara kita untuk membuat diri kita lebih efisien lagi.

Disini saya akan mencoba menambahkan beberapa cara untuk menambah pengetahuan akan cara menyelesaikan tugas dengan efisien.

  • Tidak berpatokan pada apa yang telah orang lain kerjakan
    Kita akan sulit fokus jika kita hanya melihat sesuatu selesai berdasarkan cara orang lain menyelesaikannya. Jangan terlena dengan cara orang lain, dan kita harus mengikuti cara tersebut. Hal ini dapat menghambat kinerja kita dalam menyelesaikan tugas pokok kita.

  • Buatlah sebuah rencana
    Seperti yang @Buana_Randa katakan, dalam pekerjaan kita perlu sebuah rencana. Ini memudahkan kita dalam mengatur mana tugas yang harus kita kerjakan terlebih dahulu.’

  • Selesaikan sesuatu yang mudah terlebih dahulu
    Tugas yang mudah, seharusnya diselesaikan lebih awal mengapa? sama seperti kata @riskurr kita jangan terlarut pada tugas yang berat karena hal tersebut dapat membuang waktu kita.

  • Kerjakan tugas yang paling penting
    Pasti pada tugas sehari - hari kita ada tugas terpenting yang bakal kita hadapi. Dari tugas lainnya tugas terpenting adalah tugas utama kita, oleh karena itu kita perlu melihat besarnya tugas penting tersebut. Kita dapat memulai tugas penting yang paling ringan terlebih dahulu.

  • Jangan gampang teralihkan
    Kita harus pandai dalam mengatur fokus kita. Buatlah sebuah pengalih perhatian dari hal - hal lainnya, agar pekerjaan kita dapat terselesaikan.

Seperti itu apa yang dapat saya tuliskan.

Sumber:

3 Likes