Adakah cara hemat untuk liburan ke luar negeri dengan budget yang pas-pasan?

travelling

Rata-rata seorang karyawan swasta mendapat 12 hari cuti dalam setahun. Belum lagi ditambah weekend dan tanggal merah. Tapi adakah cara hemat untuk liburan ke luar negeri dengan budget yang pas-pasan?

Cara hemat untuk kamu yang kepengen liburan murah ke luar negeri walaupun punya budget yang pas-pasan:

  1. Daftarkan alamat email-mu ke website airlines
    Langkah pertama yang harus kamu lakukan, adalah membuka website airlines yang sering melakukan promo. Kemudian daftarkan alamat email-mu. Bahkan bila airlines tersebut menawarkan membership gratis, segera daftar. Karena Airlines tersebut akan langsung mengirimu email prioritas bila ada promo. Bahkan ada privilege tertentu bila kamu menjadi member. Misalnya penukaran miles poin, kursi gratis, promo hotel, dan lainnya. Cara ini bisa membuat liburan murah ke luar negeri segera terwujud!

  2. Perhatikan kalender dan atur tanggal cutimu
    Bila kamu ingin cuti tahun depan, maka rencanakan dari tahun ini. Perhatikan kalender, apakah ada tanggal merah di “hari kejepit” seperti senin, selasa, kamis atau jumat. Sehingga kamu leluasa untuk menikmati liburanmu tanpa terlalu banyak menghabiskan jatah cuti. Jika sudah memilih tanggal dari jauh-jauh hari, kamu bisa memesan dari jauh hari, atau sudah memilih hari terlebih dulu, bila tawaran promosi datang kamu dapat dengan cepat booking pesawat juga hotel, bukan?

  3. Cari tahu hari dan bulan kemerdekaan negara yang dituju
    Sama seperti Indonesia, di bulan kemerdekaannya terdapat banyak promosi di setiap tenant. Baik itu mall, restoran, maupun angkutan umum. Beberapa negara pun melakukan hal yang sama. Misalnya, Singapura yang memberi promosi kartu terusan kereta, juga promosi di minimarket-minimarketnya setiap bulan kemerdekaannya. Jadi kamu bisa banyak berhemat, tips liburan murah ke luar negeri ini bisa kamu coba lho.

  4. Cari penawaran gratis
    Siapa yang tidak suka hal-hal yang “free” alias gratis. Nyatanya beberapa negara di luar sana banyak yang menawarkan sesuatu yang serba gratis. Yang harus kamu lakukan adalah googling beberapa hari sebelum keberangkatanmu. Misalnya penerbangan ke beberapa negara yang memberi simcard gratis beserta pulsanya, sehingga kamu tinggal mendaftar untuk paket internet.

  5. Menginap di bunk-hotel
    Kamu travelling dengan teman-teman satu geng? Akan lebih hemat dan seru bila kamu menginap di hotel yang menawarkan bunk bed. Kamar bunk bed adalah kamar hotel yang seperti kamar asrama. Dengan tempat tidur tingkat, biasanya terdiri dari 6 sampai 10 tempat tidur dengan kamar mandi luar. Ada dua jenis kamar yang bisa kamu pilih untuk mewujudkan liburan murah ke luar negeri. Kamar bunk-bed campuran dan kamar bunk-bed sesuai gender. Bila teman satu geng-mu ada yang laki-laki dan perempuan kamu bisa memilih bunk-bed campuran. Namun, bila perempuan semua ada baiknya memilih yang khusus female demi kenyamanan.

Sumber: