Adakah aplikasi yang dapat saya gunakan untuk curhat mengenai masalah yang saya alami?

Saya seringkali mengalami Stres. Kadang membuat aktifitas saya terganggu. Saya membutuhkan teman untuk curhat mengenai masalah yang saya alami. Adakah aplikasi yang bisa saya gunakan untuk menyelesaikan masalah saya?

Dalam curhat mengenai masalah yang kamu alami. Saya sarankan kamu curhat ke psikolog langsung, tidak dengan sembarang orang karena psikolog akan lebih memahami permasalahan yang kamu alami. Ada beberapa aplikasi yang dapat saya rekomendasikan untuk berhubungan dengan psikolog secara online.

1. Talk Space

image

Talk space merupakan aplikasi yang dapat menghubungkanmu dengan terapis yang memiliki sertifikat. Kamu dapat mengaksesnya dengan mudah melalui handphonemu dengan mudah karena kamu cukup mendownloadnya di playstore. Tidak perlu khawatir atau malu untuk mencurahkan masalahmu karena kamu akan dianggap anonim kita sedang konsultasi dengan terapis. Aplikasi tersebut juga memiliki fitur berbayar. Dengan tarif 29$ kamu dapat melakukan live video terapi selama 30 menit.

2. Riliv

image

Riliv merupakan produk startup dari mahasiswa Indonesia yang memungkinkan kamu untuk terhubung dengan psikologis yang ada di Indonesia. Jika kamu Orang Indonesia maka kamu cocok memakai aplikasi ini karena psikolognya juga orang Indonesia sehingga kamu lebih mudah untuk menceritakan masalah yang sedang kamu alami. Sama seperti aplikasi Talks Space, Riliv juga menghubungkanmu dengan psikolog yang berkualitas atau kamu juga dapat berhubungan dengan mahasiswa psikologi. Namun mahasiswa psikologi hanya terbatas untuk mendengarkan curhatmu bukan untuk memberikan solusi.

Setiap aplikasi curhat memiliki permasalahannya masing-masing. Terkadang curhat melalui chat kurang efektif karena adanya delay waktu atau orang yang diajak chat sedang repot. Namun dengan adanya fitur video call dapat meningkatkan kualitas konselingmu dengan para psikolog.

Referensi:


https://id.techinasia.com/bingung-curhat-kemana-solusi-alternatif-riliv

Dalam situasi tertentu wajar bila seseorang mendapat sebuah masalah atau sedang berada dalam situasi titik jenuh. Untuk itu mereka secara bawah sadar otomatis menginkan untuk menyampaikan atau berbagi perasaan yang sedang dirasakannya, curhatlah salah satu opsi terbaik untuk berbagi perasaan demi mengurangi rasa tertekan yang dirasakan. Pada era modern seperti sekarang ini, curhat bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja ataupun dengan siapa saja. Ada banyak sekali media yang dapat memfasilitasi seseorang mengutarakan perasaannya (curhat) kepada orang lain, paling konvensional seperti bertelepon atau berkirim pesan dengan orang-orang terdekat. Namun ketika orang-orang terdekat ini sedang tidak ada waktu untuk mendengarkan curhatan kita, maka kita membutuhkan orang lain untuk menggantikan teman terdekat kita.

Oleh karena itu, pemanfaatan dari teknologi informasi menjadi alternatif untuk menyelesaikan masalah kita, contohnya seperti curhat tersebut. Dengan berbekal smartphones kita dapat mencari informasi mengenai aplikasi yang dapat membantu kita untuk berbagi perasaan (curhat). Ada banyak sekali aplikasi yang tersedia untuk membantu kita curhat. Setiap aplikasi memiliki karakteristik dan ciri yang berbeda-beda, ada aplikasi curhat dengan menghubungkan kita dengan orang lain diluar sana, ada juga yang yang menghubungkan dengan pakar psikolog yakni Riliv.

Riliv adalah sebuah aplikasi yang dirilis pada tanggal 7 Agustus 2015 buatan developer muda asal Surabaya. Dengan aplikasi Riliv Anda bisa mengutarakan isi hati seperti masalah percintaan, karier, keluarga, hingga depresi dengan ahlinya yakni psikolog. Para psikolog ini biasa disebut Reliever. Terdapat 2 jenis Reliever di aplikasi Riliv ini, yang pertama Expert adalah mereka yang sudah menjadi psikolog dan kedua ada Regular yakni mereka yang masih menjadi mahasiswa psikolog di universitas tertentu. Dalam tugasnya, Reliever Reguler bertugas untuk mendengarkan curhatan pengguna aplikasi Riliv tanpa memberi solusi atas masalah tersebut, sedangkan Releiver Expert bertugas untuk memberikan solusi dari masalah yang telah disampaikan.

Riliv menjamin kerahasiaan identitas Anda secara penuh. Jadi akun yang Anda pakai akan menjadi “anonymous” sehingga tidak seorangpun dapat mengetahui identitas Anda meskipun oleh Reliver itu sendiri. Hal ini membuat Anda bisa mengutarakan isi hati secara penuh dan bebas tanpa harus takut identitas Anda diketahui orang lain. Pastinya Anda merasa lebih nyaman jika Anda curhat tanpa diketahui siapa Anda yang sebenarnya namun bisa mendapatkan solusi dari segala masalah yang Anda dapatkan secara berkualitas. Dapat dikatakan berkualitas karena memang Reliever baik Reguler maupun Expert yang ada pada aplikasi Riliv diseleksi secara ketat sehingga memastikan solusi yang diberikan berkualitas dalam artian mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi pengguna Riliv.

Sumber :

https://id.techinasia.com/bingung-curhat-kemana-solusi-alternatif-riliv

Sekarang ini, dunia bergerak dengan sangat cepat, persaingan pun semakin ketat. Sedikit saja kita beristirahat dari perkembangan dunia, maka kita akan tertinggal jauh di belakang orang-orang yang terus mengikuti perkembangan dunia. Dalam beberapa kasus, hal ini dapat menyebabkan meningkatnya tingkat stress seseorang yang kurang pandai dalam melakukan manajemen stress.

Selain itu, bisa juga seseorang terkena sebuah masalah yang bersifat sangat krusial jika diketahui oleh orang lain. Dengan semakin cepat dan mudahnya persebaran informasi melalui internet, sekarang kita dapat melakukan konseling dan terapi online dengan mudah dan gratis. Salah satunya, kita dapat melakukan konseling melalui aplikasi 7cups

7cups adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan konseling dan terapi online. Teknologi baru, seperti yang disediakan melalui 7 Cups, menawarkan konseling yang terjangkau, nyaman, fleksibel, mudah diakses agar sesuai dengan kebutuhan pribadi pengguna. Dengan menggunakan 7 Cups, kita dapat mencurahkan seluruh masalah kita tanpa takut profil kita akan diketahui oleh orang lain, karena 7 Cups menyediakan fitur anonymity. Selain itu, kita juga dapat melakukan konseling kapanpun dan dimanapun dengan konselor yang ahli dalam masalah yang kita hadapi tanpa perlu mencari dan mengunjungi tempat kerjanya. Kebiasaan dalam mengetik menggunakan smartphone juga menjadikan aplikasi ini lebih cocok dengan masyarakat zaman sekarang. Sedikit dari mereka yang masih berkunjung ke psikolog untuk menyelesaikan masalahnya.

Source :